Penyebab Mesin Motor Matic Tidak Bisa Hidup Jika Tanpa Aki

Jumat 12-07-2024,13:31 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

2. Kerusakan Alternator

Kerusakan alternator dan koil dapat menyebabkan sepeda motor matic tidak dapat dihidupkan tanpa aki, terutama pada sepeda motor matic tua dengan pengapian AC yang tidak dapat dihidupkan dalam jangka waktu lama.

3. Kerusakan Busi

Penyebab sepeda motor matic tidak mau hidup kecuali aki diganti adalah kerusakan busi yang diakibatkan oleh tidak dilakukannya penggantian aki setelah habis masa pakainya.

4. Kerusakan pada Bagian Lain

Selain bagian yang disebutkan di atas, jika bagian lain rusak, sepeda motor matic tidak dapat hidup tanpa aki. Misalnya saja unit kendali, CDI, injektor, atau karburator rusak.

BACA JUGA:5 Keunggulan Motor Matic dengan Teknologi Hybrid yang Hemat Bahan Bakar dan Ramah Lingkungan

BACA JUGA:Menakjubkan! Teknologi Canggih pada Motor Matic Freego 125, Kunci Kenyamanan dan Keamanan Berkendara

Bagian lain mungkin tidak berfungsi dengan benar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, pasang aki dengan tegangan minimal 6 volt dan coba hidupkan sepeda motor matic dengan menekan starter. 

Jika Anda dapat menghidupkan mesin sepeda motor matic setelah mencobanya, mungkin ada masalah dengan baterainya sendiri.

Selain itu, kapasitor atau rangkaian kapasitor dapat digunakan untuk menghidupkan mesin pengapian DC tanpa baterai.

Namun langkah terakhir ini sedikit lebih sulit karena memerlukan modifikasi sistem pengapian dan kabel listrik yang ada. Saran terbaik adalah membawa sepeda motor matic Anda ke bengkel dan memeriksakannya ke ahlinya. 

BACA JUGA:Bersaing, Manakah yang Lebih Unggul Antara Motor Matic Honda Vario 160 dengan Samurai 155 ?

BACA JUGA:Dijamin Cocok untuk Kaum Wanita ! Inilah Rekomendasi Motor Matic dengan Mesin Paling Bandel

Tanyakan kepada mereka tentang solusi terbaik untuk menghidupkan kembali sepeda motor matic Anda. Dengan membawa sepeda motor matic ke ahlinya masalah tersebut akan selesai dengan baik.

Itula penjelasan singkat mengenai penyebab sepeda motor matic Anda tidak dapat hidup tanpa aki beserta solusi permasalahan tersebut. (fah)

Kategori :