Ragam Kekurangan Shockbreaker Teleskopik pada Motor Matic

Rabu 10-07-2024,19:51 WIB
Reporter : Ikhwan Adriansyah
Editor : Bayu Indra Kusuma

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Shockbreaker teleskopik merupakan salah satu jenis suspensi yang umum digunakan pada kendaraan bermotor di Indonesia. Konstruksi shockbreaker ini didesain dengan pipa teleskopik yang mengandung pegas di dalamnya untuk mengatasi berbagai jenis medan jalan.

Salah satu kelebihan utama dari shockbreaker teleskopik adalah kemampuannya dalam memberikan redaman yang lembut, sehingga cocok digunakan untuk kendaraan yang sering melintasi jalan dalam kota atau medan yang tidak rata. 

Namun, ada kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Shockbreaker teleskopik cenderung memiliki redaman yang terlalu lentur, sehingga kurang stabil saat digunakan untuk kecepatan tinggi. 

Pemilihan jenis shockbreaker sangatlah penting untuk memaksimalkan performa kendaraan sesuai dengan kebutuhan. Bagi pengendara yang lebih sering melintasi perkotaan atau menjelajahi medan yang tidak rata, shockbreaker teleskopik dapat menjadi pilihan yang sesuai. 

BACA JUGA:Hal-Hal yang Tidak Disukai dari Motor Matic Vespa Primavera

BACA JUGA:Hal-Hal yang Disukai dari Motor Matic Vespa Primavera

Dengan memahami karakteristik serta kelebihan dan kekurangan shockbreaker teleskopik, diharapkan pengendara dapat membuat keputusan yang tepat sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kendaraan mereka.

Kekurangan Shockbreaker Teleskopik pada Motor Matic

1. Sangat Kurang Stabil Pada Beban Terlalu Berat

Shockbreaker teleskopik, meskipun umum digunakan pada bebera jenis motor termasuk motor matic, memiliki beberapa kelemahan yang perlu dipertimbangkan, terutama dalam hal stabilitas saat mengangkut beban berat.

Salah satu kelemahan utama dari shockbreaker teleskopik adalah kurangnya stabilitas saat motor membawa beban yang berat. Misalnya, saat mengangkut penumpang dengan berat badan lebih, suspensi ini mungkin tidak cukup efektif dalam menjaga keseimbangan motor.

Ketidakstabilan ini dapat berdampak negatif pada pengalaman berkendara, terutama dalam situasi-situasi yang membutuhkan reaksi cepat seperti pengereman mendadak atau berbelok tajam. Kurangnya kontrol yang dirasakan pengendara dapat mengurangi tingkat kepercayaan diri.

BACA JUGA:Hal-Hal yang Tidak Disukai dari Motor Matic Vespa LX

BACA JUGA:Hal-Hal yang Disukai dari Motor Matic Vespa LX

Kategori :