Perhatikan Agar Tidak Salah Lagi ! Inilah 5 Cara Mengerem Motor Matic yang Tepat

Senin 08-07-2024,07:49 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Untuk menghindari terjadinya kecelakaan, setiap pengendara perlu mengetahui cara mengerem yang benar pada sepeda motor bertransmisi matic.

Sepeda motor matic mudah dioperasikan, namun pengereman yang tidak tepat dapat menyebabkan tergelincir atau terjatuh. 

Hal ini terutama terlihat saat mengerem dari kecepatan tinggi dan saat menuruni bukit. Saat ini mayoritas orang lebih memilih menggunakan sepeda motor matic untuk beraktivitas sehari-hari. 

Namun kecelakaan paling banyak terjadi pada sepeda motor matic. Faktanya, banyak kemajuan teknologi dalam sistem pengereman. Namun, tidak semua orang tahu cara menggunakan sepeda motor matic dengan benar.

Cara Mengerem Motor Matic Secara Tepat

Berikut di bawah ini merupakan cara yang tepat mengerem motor matic:

1. Periksa Kondisi Rem

Periksa kondisi rem sepeda motor matic sebelum berkendara. Jika Anda melihat sesuatu yang tidak biasa pada sepeda motor matic Anda, segera bawa ke bengkel. Jangan biarkan sampai terjadi rem motor matic Anda blong.

2. Penggunaan Alat Keselamatan Berkendara

Pengemudi sepeda motor matic wajib memakai helm yang sesuai. Lebih baik memakai sepatu, sarung tangan, jaket dan celana.

BACA JUGA:Mengulas Keunggulan dan Kekurangan Motor Matic Honda X-ADV 750cc yang Dikenal Sebagai Big Scooter

BACA JUGA:Kelebihan Motor Matic Suzuki Nex Crossover Dibandingkan dengan Yamaha X-Ride dan Honda Beat Street

Dalam beberapa kasus, produsen sepeda motor matic mungkin menyediakan beberapa barang tersebut secara gratis. Peralatan ini akan berguna jika Anda terjatuh di aspal.

3. Jaga Jarak dengan Kendaraan Lain

Namun pengereman mendadak tidak aman. Oleh karena itu, jaga jarak dengan kendaraan lain. Terutama jika berada di belakang Ambulans, karena Ambulans bergerak dengan kecepatan tinggi dan berhenti mendadak bisa berbahaya.

Kategori :