10.000 Lengger Bakal Tercatat Rekor MURI

Jumat 21-06-2024,12:59 WIB
Reporter : Dimas Prabowo
Editor : Ali Ibrahim

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Kesenian Lengger Banyumasan merupakan Warisan Budaya Tak  Benda yang tumbuh dan berkembang di wilayah Banyumas. Kesenian ini memiliki sejarah yang panjang dan membumi dalam budaya masyarakat Banyumas. 

Meski hingga kini penciptanya masih tidak diketahui secara pasti karena Lengger berkembang begitu saja di tengah masyarakat yang mayoritas penduduknya berprofesi sebagai petani.

Untuk melestarikan dan mengenalakan ke generasi muda tentang Lengger Banyumas, Event Sepuluh Ribu Lengger dipastikan siap digelar, di Stadion Satria Purwokerto, Sabtu sore (22/6/2024). Kegiatan ini bakal memecahkan rekor MURI, dengan penampilan kolosal paling banyak, dengan 10 ribu penari. 

BACA JUGA:KPU Purbalingga Masih Siapkan Berkas Para Caleg DPRD Terpilih

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (KaDinporabudpar) Banyumas, Setia Rahendra memastikan saat ini sudah ada 10 ribu peserta, yang akan turut ambil bagian dalam kegiatan tersebut.

Terdiri dari pelajaran tingkat pelajar SD, SMP, SMA, sampai mahasiswa, perwakilan instansi dan OPD, serta masyarakat umum.

"Sudah, sudah sampai 10 ribu, bahkan mungkin akan lebih.

BACA JUGA:Ujicoba Pengajuan SIM Wajib Miliki BPJS Belum Dilaksanakan di Purbalingga dalam Waktu Dekat Ini

Penampilan 10 ribu penari lengger nanti akan dipusatkan di lapangan Stadion Satria Purwokerto. Dan akan memecahkan rekor MURI, dengan penampilan penari kolosal terbanyak," ungkapnya, Jumat (21/06/2024). 

Pada awal rencan, event 10 ribu Lengger berlokasi di Kawasan Menara Teratai Purwokerto. Namun, atas berbagai pertimbangan, akhirnya dipindah ke komplek GOR Satria Purwokerto.

"Sesuai jadwal, kegiatan dimulai dari pagi, pukul 08.00 wib sampai 15.00 wib, untuk registrasi peserta. Lalu dilanjutkan penampilan tarian kolosal 10 ribu lengger bicara, pukul 16.00 wib sampai 16.30 wib," jelas Setia.

BACA JUGA:Pengaruh Perawatan Berkala terhadap Umur Mesin Motor Matic

Kemudian dilanjutkan dengan acara penampilan lighting show dan tarian fragmen Mapag Mangsa, pukul 19:32 wib. Selanjutnya akan tampil gebyar penari lengger banyumasan.

"Dipenghujung acara, pukul 20:00 dilakukan penyerahan penghargaan rekor MURI-nya dan saat akhir acara, akan ditampilkan kolaborasi Didik Nini Towok dan Maestro tari Banyumas, membawakan Tari Sekar Gadung," pungkasnya.

BACA JUGA:250 Nelayan di Cilacap Terima Sertifikat Tanah Gratis

Kategori :