5 Penyebab CVT Motor Matic Kamu Berisik

Minggu 16-06-2024,15:51 WIB
Reporter : Ikhwan Adriansyah
Editor : Bayu Indra Kusuma

BACA JUGA:4 Cara Mengganti V-Belt Motor Matic yang Benar

BACA JUGA:4 Hal yang Tidak Disukai dari Motor Matic Honda Forza 250

Rumah roller pada CVT berfungsi sebagai tempat bagi plate ramp dan piece silide untuk bergerak keluar masuk saat motor dijalankan. Ketika rumah roller mengalami keausan atau longgar, gesekan yang tidak optimal terjadi antara komponen-komponen tersebut. 

Bunyi berisik atau bahkan keras yang berasal dari area plate ramp dan piece silide merupakan tanda utama bahwa rumah roller mengalami masalah. Suara ini sering kali disertai dengan getaran atau sensasi yang tidak biasa saat motor matic dioperasikan.

Keausan atau longgar pada rumah roller dapat mengganggu stabilitas CVT dan menyebabkan ketidakmulusan dalam pergerakan komponen-komponen yang terlibat. Hal ini dapat mempengaruhi responsivitas CVT terhadap akselerasi dan perubahan kecepatan.

Maka lakukan pemeriksaan rutin pada CVT, termasuk rumah roller, untuk mendeteksi tanda-tanda keausan atau longgar sejak dini.Jika ditemukan tanda-tanda keausan atau longgar pada rumah roller, segera lakukan penggantian dengan komponen yang baru atau perbaikan yang diperlukan.

Dengan memahami Penyebab CVT Motor Matic Kamu Berisik dan gejala dari rumah roller yang aus pada CVT motor matic, pengendara dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk menjaga kendaraan mereka tetap dalam kondisi optimal. (wan)

Kategori :