5 Ciri-Ciri Bearing Roda Motor Matic Oleng

Senin 17-06-2024,14:51 WIB
Reporter : Ikhwan Adriansyah
Editor : Bayu Indra Kusuma

Kerusakan pada bearing roda juga sering kali disertai dengan suara berdecit atau berderit yang terdengar saat roda berputar. Suara ini dapat semakin jelas dengan meningkatnya kecepatan motor.

Jika Anda mengalami gejala-gejala seperti bergoyangnya roda depan motor, Bawa motor ke bengkel atau tempat service terpercaya untuk dilakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap kondisi bearing roda dan sistem roda lainnya.

Jika terbukti bahwa bearing roda mengalami oleng atau keausan, segera gantilah dengan bearing yang baru dan berkualitas. Pastikan untuk menggunakan komponen yang sesuai dengan merek dan spesifikasi motor Anda.

Bergoyangnya roda depan motor dapat menjadi tanda adanya masalah pada bearing roda. Mengenali Ciri-Ciri Bearing Roda Motor Matic Oleng dan mengambil tindakan pencegahan yang tepat akan membantu menjaga keamanan dan kenyamanan saat berkendara. 

4. Clearance Bola Baja dan Race Ball tinggi

Clearance yang tinggi antara bola baja dan race ball pada bearing motor adalah ciri yang sering terjadi pada motor yang sudah tua atau telah digunakan secara intensif. Hal ini memerlukan perhatian ekstra karena dapat menjadi indikasi masalah yang perlu segera ditangani.

BACA JUGA:HEBOH!! Motor Matic Nmax Turbo Sebagai Ancaman Serius Untuk PCX 160

BACA JUGA:5 Hal yang Disukai dari Motor Matic Honda Forza 250

Clearance pada bearing adalah jarak atau celah bersih yang ada antara bola baja (bola-bola kecil di dalam bearing) dengan race ball (ring atau lintasan tempat bola-bola tersebut berputar). Clearance yang terlalu tinggi bisa mengindikasikan bahwa bearing mengalami keausan atau kerusakan.

Untuk mengantisipasi masalah dan risiko yang timbul dari clearance bola baja dan race ball yang tinggi pada bearing motor, Lakukan pemeriksaan rutin terhadap kondisi bearing, termasuk memeriksa clearance secara teliti.

Jika ditemukan bahwa clearance sudah melebihi batas normal atau bearing mengalami oleng , segera gantilah dengan bearing yang baru dan berkualitas. Selalu pastikan untuk melakukan perawatan yang tepat pada motor, termasuk pelumasan yang teratur dan pemakaian komponen yang berkualitas.

Memahami pentingnya clearance bola baja dan race ball pada bearing motor adalah langkah krusial untuk menjaga keamanan dan performa motor Anda. Dengan memeriksa secara berkala dan mengambil tindakan pencegahan yang tepat, Anda dapat menghindari masalah yang lebih serius di masa mendatang. 

5. Kemudi Berat pada Motor

Kemudi yang terasa berat saat dikendarai adalah masalah yang sering kali disebabkan oleh oleng pada bearing motor. Hal ini bukan hanya mengganggu pengendara, tetapi juga dapat mengancam keselamatan di jalan. 

BACA JUGA:4 Cara Mengganti V-Belt Motor Matic yang Benar

BACA JUGA:4 Hal yang Tidak Disukai dari Motor Matic Honda Forza 250

Kategori :