4 Rangkaian Servis Motor Matic yang Harus Dilakukan

Minggu 09-06-2024,18:59 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Banyak beredar anggapan di media sosial bahwa pengendara kerap lupa melakukan perawatan rutin terhadap sepeda motor maticnya. Alasannya sangat beragam. 

Salah satunya adalah tidak mengetahui bagian sepeda motor matic mana saja yang memerlukan perawatan rutin. Perawatan rutin sangat penting untuk menjaga performa mesin dan kondisi sepeda motor matic. 

Oleh karena itu, tergantung merek sepeda motor matic Anda, servislah secara rutin sepeda motor matic di bengkel terpercaya.

Perawatan berkala seperti apa yang dibutuhkan sepeda motor matic ?

Dalam buku yang berjudul The Secret of Skutik, Acip Setiawan, (2009:55) menyebutkan bahwa sepeda motor matic lebih mudah dikendarai karena tidak mempunyai persneling.

BACA JUGA:5 Keunggulan Motor Matic dengan Teknologi Hybrid yang Hemat Bahan Bakar dan Ramah Lingkungan

BACA JUGA:Minat Daftar Ojek Online ? Ini 6 Rekomendasi Motor Matic Murah yang Cocok untuk Ojek Online

 

 

Perawatan sepeda motor matic secara berkala merupakan suatu hal yang wajib dilakukan, karena sepeda motor matic sendiri terdiri dari beberapa bagian penting.

1. Penggantian Oli Gardan

Oli gardan digunakan untuk melumasi setiap gigi pada housing CVT sepeda motor matic. Beberapa pabrik sepeda motor matic menyarankan penggantian oli gardan setiap 8.000 km.

Namun, jangan menunggu hingga interval maksimum tercapai sebelum menggantinya. Beberapa pengguna mengganti oli mesin dua kali dan oli gandar satu kali.

BACA JUGA:Kelebihan Motor Matic Suzuki Nex Crossover Dibandingkan dengan Yamaha X-Ride dan Honda Beat Street

BACA JUGA:Ngabers Wajib Tau! 7 Kelebihan Downsize Sok Depan Motor Matic Yamaha Aerox, Berkendara Gesit dan Sporty

Kategori :