5 Tips Aman Saat Membonceng Motor Matic

Senin 10-06-2024,09:51 WIB
Reporter : Ikhwan Adriansyah
Editor : Bayu Indra Kusuma

BACA JUGA:Mau Beli Motor Matic ? Simak 10 Tips Memilih Motor Matic yang Tepat

Selain itu, posisi duduk juga mempengaruhi keseimbangan pengendara sepeda motor matic. Dengan posisi yang benar, pengendara akan lebih mudah mengendalikan motor matic ketika berrada dijalanan.

Posisi boncenger yang benar adalah duduk menghadap ke depan sambil berpegangan pada pengendara motor. Selain itu, boncenger juga harus mengikuti gerakan pengendara saat riding, sehingga motor tetap stabil terutama saat melewati tikungan.

3. Jangan duduk menyamping

Saat membicarakan posisi boncenger, penting untuk menghindari posisi duduk menyamping. Posisi ini sering dilakukan terutama oleh wanita yang mengenakan rok, dengan harapan agar lebih nyaman duduk di jok belakang.

BACA JUGA:5 Penyebab Aki Motor Matic Tekor

BACA JUGA:Hal-hal yang Disukai dari Motor Matic Honda Genio 

Namun, duduk dengan posisi menyamping dapat membuat pengendalian motor menjadi sulit karena kurangnya keseimbangan dengan gerakan pengendara. Sehingga berpotensi terjadinya gangguan saat berkendara

Duduk menyamping juga dapat meningkatkan risiko kecelakaan karena pengendara kesulitan menjaga keseimbangan motor. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menghindari posisi duduk menyamping saat membonceng motor.

4. Jangan sampai tertidur saat membonceng

Salah satu hal yang perlu diingat saat membonceng sepeda motor adalah untuk tidak sampai tertidur. Duduk di jok belakang tanpa melakukan aktivitas apapun dapat membuat beberapa orang mudah mengantuk, terutama saat terpaan angin yang sejuk.

BACA JUGA:Cara Mengatasi Aki Motor Matic Tekor

BACA JUGA:Hal-hal yang Tidak Disukai dari Motor Matic Honda Genio

Namun, sangat penting untuk menghindari tertidur saat sedang membonceng, karena ini dapat berisiko. Terjatuhnya sepeda motor bisa terjadi jika penumpang tertidur saat pengendara melakukan akselerasi mendadak atau dalam situasi yang memerlukan reaksi cepat. 

Jika mulai merasa mengantuk, sebaiknya segera melipir ke tempat yang aman seperti SPBU atau minimarket untuk istirahat sejenak. Pastikan tubuh anda kembali fit ketika hendak melanjutkan perjalanan.

5. Jangan bawa barang terlalu banyak

Kategori :