Coba Cara Ini! 5 Teknik Penggunaan Motor Listrik Agar Lolos Tanjakan

Sabtu 25-05-2024,16:31 WIB
Reporter : Oktaliana Listia
Editor : Susi Dwi Apriani

c. Hindari Overheating

Motor listrik bisa mengalami overheating jika dipaksa bekerja terlalu keras dalam waktu lama. Jika Anda merasakan motor mulai panas, berikan jeda sejenak untuk mendinginkannya.

Beberapa motor listrik dilengkapi dengan sistem pendingin otomatis, namun tetap penting untuk memperhatikan suhu motor.

BACA JUGA:Canggih Nih! Fitur P pada Motor Listrik Yadea Bisa Untuk Pengaman Parkir

BACA JUGA:Begini Cara Membersihkan Motor Listrik yang Benar! Hindari 3 Bagian Ini!

4. Pemeliharaan Motor

Performa motor listrik juga sangat dipengaruhi oleh pemeliharaan yang baik. Berikut beberapa aspek pemeliharaan yang perlu diperhatikan:

a. Perawatan Baterai

Pastikan baterai selalu dalam kondisi baik. Lakukan pengisian daya sesuai petunjuk pabrik dan hindari penggunaan baterai sampai benar-benar habis untuk memperpanjang umur baterai.

b. Pengecekan Sistem Kelistrikan

Rutin mengecek sistem kelistrikan motor sangat penting untuk memastikan semua komponen berfungsi dengan baik. Kabel yang longgar atau rusak bisa mengurangi efisiensi motor.

c. Pemeliharaan Berkala

Ikuti jadwal pemeliharaan berkala yang direkomendasikan oleh pabrikan. Pemeliharaan ini biasanya mencakup pengecekan motor, baterai, rem, dan komponen lainnya.

5. Faktor Eksternal

a. Kondisi Jalan

Kondisi jalan sangat mempengaruhi kemampuan motor listrik untuk menanjak. Jalan berpasir, berbatu, atau licin akan lebih sulit dilalui. Pilih rute dengan permukaan yang lebih baik jika memungkinkan.

Kategori :