PENTING ! Inilah 4 Fungsi Oli Gardan untuk Motor Matic

Selasa 28-05-2024,13:40 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Seluruh kendaraan termasuk sepeda motor, memerlukan perawatan yang baik.

Pemilik sepeda motor terutama sepeda motor matic hendaknya memperhatikan segala kebutuhan kendaraannya, baik itu oli gardan, oli roda gigi, maupun oli roda gigi sepeda motor matic.

Dikutip dari berbagai sumber, jenis oli gardan secara alami berbeda dengan oli lainnya. Oli gardan tidak boleh dicampur dengan oli jenis lain karena dapat merusak komponen transmisi.

Oli gardan melumasi bagian transmisi sepeda motor matic. Cairan transmisi biasanya diganti setiap 8.000 hingga 12.000 km atau setiap 6 hingga 12 bulan.

BACA JUGA:5 Dampak Buruk Tidak Pernah Mengganti Filter Oli Motor Matic

BACA JUGA:Mengenal Tentang Filter Oli Motor Matic Beserta Fungsinya

 

 

Jangka waktu ini sedikit lebih lama dibandingkan penggantian oli mesin. Mengganti cairan transmisi yang terlambat akan berdampak buruk pada fungsi transmisi matic sepeda motor matic Anda.

Bagi pemilik sepeda motor matic, penting untuk memperhatikan jadwal penggantian oli gardan agar dapat menikmati banyak manfaatnya. Lihat di bawah untuk fitur khusus oli gardan atau oli transmisi sepeda motor matic.

1. Lumasi transmisi variabel kontinyu (CVT) dan rasio roda gigi

Kedua komponen transmisi kendaraan ini akan lebih terawat jika Anda merawat oli gardan dengan baik. CVT dan rasio gigi berperan penting dalam performa transmisi otomatis.

BACA JUGA:Anda Perlu Tahu! 6 Tips Menjaga Kualitas Oli Motor Matic

BACA JUGA:Jarang Diketahui, Inilah 5 Penyebab Tarikan Motor Matic Menjadi Brebet

 

Kategori :