Perlu Tau Nih! 6 Penyebab Velg Motor Matic Penyok

Minggu 19-05-2024,15:10 WIB
Reporter : Dhani Dwi
Editor : Susi Dwi Apriani

5. Pemakaian Berlebihan 

Pemakaian berlebihan pada motor matic, terutama dalam kondisi ekstrem seperti melintasi medan yang kasar atau membawa beban berat secara terus-menerus, dapat menyebabkan penyok pada velg. 

Penggunaan motor dalam kondisi ekstrem meningkatkan tekanan dan stres pada seluruh struktur motor, termasuk velg.

Akibatnya, velg menjadi rentan terhadap kerusakan, termasuk penyok, karena terpapar pada tekanan dan benturan yang berlebihan secara berulang-ulang. 

Untuk mencegah masalah ini, penting untuk menggunakan motor sesuai dengan rekomendasi pabrikan dan membatasi penggunaan dalam kondisi ekstrem yang dapat merusak komponen motor, termasuk velg.

6. Kerusakan Struktural 

Kerusakan struktural pada velg motor matic, seperti korosi atau keausan, juga dapat menjadi penyebab penyok yang sering terjadi. 

Ketika velg mengalami kerusakan struktural, kekuatan dan kestabilannya dapat berkurang, membuatnya lebih rentan terhadap deformasi atau penyok akibat tekanan atau benturan ringan. 

Faktor-faktor seperti paparan air, garam, atau bahan kimia lainnya dapat menyebabkan korosi pada velg, sedangkan keausan akibat penggunaan dan penuaan juga dapat mempengaruhi integritas struktural velg. 

Penting untuk secara teratur memeriksa kondisi velg dan mengambil langkah-langkah pencegahan untuk mencegah kerusakan struktural, seperti membersihkan dan melindungi velg dari elemen-elemen lingkungan yang dapat merusaknya.

BACA JUGA:Mengenal Tentang Bearing Motor Matic: Jenis Serta Fungsinya

BACA JUGA:Apakah Oli Mesin Motor Matic Bisa Mengalami Stres? Ini Dia Jawabannya

Penting untuk memperhatikan kondisi velg motor matic secara teratur dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat.

Seperti menjaga tekanan udara ban yang tepat, menggunakan ban yang sesuai, dan mengemudi dengan hati-hati untuk menghindari penyok. (dda)

Kategori :