Tips Perawatan Motor Matic Injeksi Menjamin Keawetan dan Kenyamanan Berkendara

Jumat 17-05-2024,18:43 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

Cara yang sama pentingnya untuk memastikan sepeda motor matic injeksi Anda terus beroperasi dengan baik adalah dengan selalu memanaskan motor.

Biasakan untuk memanaskan sepeda motor matic selama 5 hingga 10 menit sebelum berkendara kemana pun.

Keunggulannya adalah mesin sepeda motor dapat beroperasi dengan stabil dan bahan bakar yang terdapat di dalam sepeda motor matic dapat didistribusikan ke seluruh bagian mesin. Sepeda motor matic biasanya dihangatkan di pagi hari.

BACA JUGA:7 Keunggulan Motor Matic Yamaha yang Jadi Favorit di Kalangan Anak Muda

BACA JUGA:Mengenal 6 Manfaat Tune Up Motor Matic, Mesin Jadi Lebih Gacor!

 

Langkah perawatan selanjutnya untuk menjamin keawetan dan umur panjang sepeda motor matic Anda adalah dengan melakukan pengecekan pada shockbreaker atau yang lebih dikenal dengan shock breker.

Shockbreaker ini mempunyai fungsi untuk meredam benturan pada saat mengendarai sepeda motor matic.

Peredam kejut ini berbentuk tabung yang menjalankan fungsinya pada saat sepeda motor matic hendak berbelok atau melaju di jalan yang kasar. Setelah menempuh kecepatan total 10.000 km, masuk akal untuk segera mengganti oli pada peredam kejut.

Tentunya Anda sangat perlu mengetahui sudah berapa lama sepeda motor Anda dikendarai agar tidak terlambat untuk melakukan penggantian oli di area tersebut.

Jika Anda bingung, catat pola perawatan rutin di buku servis Anda untuk membantu menentukan jadwal penggantian.

Cara merawat sepeda motor matic injeksi selanjutnya adalah dengan memeriksa belt dan pulley. Ini adalah bagian yang cara kerjanya sama seperti rantai pada sepeda motor manual dan sepeda motor sport, menyalurkan tenaga dari mesin.

Area ini rentan terhadap kotoran dan harus diperiksa secara berkala. Jika ada suara tidak normal yang keluar dari bagian ini, gantilah dengan sabuk dan katrol van yang baru.

Penting untuk diketahui bahwa jika Anda akan melakukan perjalanan jauh, Anda perlu memastikan kedua bagian ini berfungsi dengan baik. Sebab jika kedua bagian ini tidak diperiksa, sepeda motor matic Anda bisa menimbulkan masalah di tengah jalan. 

Salah satu penyebab sepeda motor matic tiba-tiba mogok di tengah jalan adalah karena aki dan busi tidak berfungsi dengan baik. Memeriksa kedua komponen ini secara rutin akan memastikan hal ini tidak terjadi.

Aki dan busi merupakan komponen penting pada sepeda motor matic. Jika sudah rusak segera bawa ke bengkel dan ganti dengan yang baru. Jangan tinggalkan baterai atau busi tanpa pengawasan karena itu pasti akan menimbulkan kerugian.

Kategori :