Berapa Sih Jarak Tempuh Maksimal Motor Listrik?

Kamis 16-05-2024,04:09 WIB
Reporter : Alma Meidhita
Editor : Ali Ibrahim

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Jarak tempuh maksimal motor listrik ternyata masih menjadi satu pertanyaan umum yang sering muncul. Pertanyaan ini wajar, mengingat jarak tempuh merupakan faktor penting dalam memilih kendaraan. 

Jawabannya pun tidak sesederhana yang dibayangkan. Produsen motor listrik umumnya mencantumkan klaim jarak tempuh pada spesifikasi produk. 

Namun, perlu diingat bahwa klaim ini diukur dalam kondisi ideal dengan berbagai faktor yang terkontrol.

7 Faktor yang Mempengaruhi Jarak Tempuh Motor Listrik 

Jarak tempuh motor listrik dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti:

1. Kapasitas Baterai

Semakin besar kapasitas baterai, semakin jauh jarak tempuh yang dapat dicapai. Kapasitas baterai motor listrik umumnya diukur dalam satuan Ah (Ampere Hour).

2. Konsumsi Energi

Konsumsi energi motor listrik bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti kecepatan, medan jalan, gaya mengemudi, dan suhu lingkungan. Semakin hemat konsumsi energi, semakin jauh jarak tempuh yang dapat dicapai.

3. Efisiensi Motor dan Pengontrol

Efisiensi motor dan pengontrol juga berperan penting dalam menentukan jarak tempuh. Motor dan pengontrol yang efisien akan meminimalisir energi yang terbuang, sehingga meningkatkan jarak tempuh.

4. Kondisi Baterai

Baterai motor listrik memiliki masa pakai dan performanya akan menurun seiring waktu. Baterai yang terawat dengan baik akan menghasilkan jarak tempuh yang lebih optimal.

5. Medan Jalan

Kategori :