Cara yang Benar Merawat Baterai Motor Listrik Agar Awet

Selasa 02-04-2024,19:37 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

Selain itu, sebagian besar sepeda motor listrik menggunakan baterai litium, pastikan menggunakan pengisi daya yang kompatibel dengan baterai ini.

Untuk jenis ini, kami menyarankan untuk membeli pengisi daya khusus tergantung merek baterainya. Dalam kasus lain, pengisi daya tetesan, pengisi daya tetesan, atau pengisi daya pintar mungkin bisa membantu.

3. Hindari mengisi daya baterai secara berlebihan

BACA JUGA:Daftar Motor Listrik Terbaik 2024, JANGAN KETINGGALAN Begini Harga dan Spesifikasinya!

BACA JUGA:PENTING! Ketahui Masa Pakai Dinamo Motor Listrik, Berapa Lama?

Salah satu cara untuk membahayakan kesehatan baterai sepeda motor listrik Anda adalah dengan mengisi daya secara berlebihan.

Anda dapat mencegahnya dengan menggunakan pengatur waktu untuk melacak waktu pengisian baterai. Timer ini memberitahu Anda kapan harus mencabut pengisi daya. 

Selain itu, isi daya baterai hanya jika dayanya belum terisi penuh dan jangan biarkan baterai tersambung ke sumber listrik selama berhari-hari.

Biasanya yang terbaik adalah menggunakan baterai sepeda listrik dengan mode mati otomatis untuk mencegah pengisian daya yang berlebihan.

BACA JUGA:Perhatikan! Inilah Perbedaan Plat Nomor Motor Listrik dengan Motor Konvensional

BACA JUGA:Tantangan dan Prospek Industri Motor Listrik di Pasar Global

4. Menjaga baterai pada suhu yang tepat

Seperti yang mungkin Anda ketahui dari baterai lain seperti ponsel, laptop, dan perangkat umum lainnya, menjaga baterai pada suhu yang tepat dapat membantu menjaga baterai Anda tetap sehat untuk waktu yang lama adalah strategi yang sangat baik untuk Saat sepeda listrik menjadi dingin, baterainya lebih cepat habis. 

Menyimpan baterai pada suhu tinggi dapat menyebabkan kerusakan, oleh karena itu, baterai harus disimpan di lingkungan dengan suhu maksimum 35 °C.

5. Penyimpanan baterai yang benar

Pengguna harus memahami bahwa ada kalanya mereka tidak menggunakan sepeda motor listrik. Di saat seperti ini, Anda sebaiknya menyimpan baterai dengan benar untuk mencegah kerusakan, disarankan untuk mengisi daya baterai hingga kapasitas minimal 50%. 

Kategori :