JANGAN MALAS! Servis Berkala Motor Listrik, Membantu Menjaga Performa dan Keamanan

Sabtu 30-03-2024,15:33 WIB
Reporter : Aditya Kurniawan
Editor : Ali Ibrahim

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Servis berkala motor listrik mempunyai pengaruh besar, terhadap performa dan keamanan motor saat dikendarai. Hal ini terjadi karena kondisi motor dapat lebih terawat dan terjaga, saat motor rutin melakukan servis berkala tanpa menunggu adanya kerusakan.

Meskipun terkenal minim perawatan dibandingkan motor bensin, servis berkala tetaplah penting untuk menjaga performa dan keamanannya. Banyak orang mungkin beranggapan bahwa motor listrik tidak memerlukan banyak perawatan, karena tidak memiliki oli atau komponen yang mudah aus seperti motor bensin.

Namun nyatanya servis berkala motor listrik diperlukan sama seperti kendaraan lain, hanya saja  pada motor listrik tidak ada komponen yang diganti secara berkala. Motor listrik memiliki beberapa komponen vital yang perlu diperiksa, dan dijaga kondisinya secara berkala.

Pentingnya Servis Berkala Motor Listrik

Berikut adalah beberapa alasan mengapa servis berkala penting untuk motor listrik:

BACA JUGA:7 Cara Mencuci Motor Listrik Agar Tidak Korslet, Aman Tanpa Takut Kesetrum

BACA JUGA:Mengapa Kemudi Motor Listrik Lebih Akselerasi Ketimbang Motor Konvensional?

1. Menjaga Keamanan Pengendara

Servis berkala motor listrik membantu mendeteksi kerusakan dini, yang terjadi pada komponen vital seperti rem, baterai, dan sistem kelistrikan. Hal ini sangat penting untuk mencegah terjadinya kecelakaan saat berkendara, dan memastikan keamanan pengendara di jalan.

2. Menjaga Performa Optimal

Servis berkala motor listrik membantu menjaga performa optimal motor. Teknisi akan memeriksa dan membersihkan komponen penting seperti dinamo, controller, dan sistem pendinginan.

Dengan demikian motor dapat beroperasi dengan maksimal, dan memberikan pengalaman berkendara yang nyaman dan aman.

3. Memperpanjang Usia Kendaraan

Perawatan yang baik dapat memperpanjang usia motor, dikarenakan risiko kerusakan dini dan keausan komponen dapat diminimalisir dengan servis rutin. Hal ini tentu akan menghemat biaya pengeluaran dalam jangka panjang.

Kategori :