Ini yang HARUS DILAKUKAN Saat Motor Listrik Kehabisan Baterai di Jalan

Rabu 27-03-2024,19:49 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

3. Pertimbangkan Cuaca

Cuaca juga dapat mempengaruhi kinerja baterai. Saat cuaca sangat panas atau sangat dingin, daya tahan baterai cenderung menurun. Harap pertimbangkan ini saat merencanakan perjalanan Anda.

4. Berkendara dengan Cerdas

Mengemudi dengan cerdas menghemat energi baterai. Hindari akselerasi atau pengereman mendadak, dan pertahankan kecepatan konstan. Jika sepeda motor listrik Anda memiliki opsi ini, gunakan Mode Berkendara Ekonomis.

5. Perawatan Baterai

Perawatan baterai mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerjanya. Oleh karena itu, selalu rawat aki sepeda listrik Anda sesuai pedoman produsen.

Mencakup kebersihan baterai dan perlindungan dari pengaruh lingkungan ekstrem.

6. Rencanakan Istirahat untuk Mengisi Ulang

Jika Anda merencanakan perjalanan jauh, pertimbangkan untuk merencanakan istirahat di titik atau stasiun pengisian daya. Ini memungkinkan Anda mengisi daya baterai sebelum melanjutkan perjalanan.

7. Perhatikan Suhu Baterai

Hindari mengisi daya baterai saat suhu baterai sangat tinggi atau sangat rendah. Baterai bekerja paling baik pada suhu yang tepat, dan suhu ekstrem dapat memengaruhi efisiensi pengisian daya.

8. Selalu Sediakan Listrik Darurat

Selalu sediakan daya cadangan yang cukup di baterai Anda untuk menangani keadaan darurat. Misalnya perubahan cuaca atau rute yang lebih panjang dari yang direncanakan.

Itulah dia beberapa tips yang harus dilakukan saat motor listrik kehabisan baterai di jalan. Pahami dan cermati agar Anda bisa mengatasinya tanpa panik. (fah)

Kategori :