Apel Besar di Purbalingga, Atiqoh Yakinkan Pramuka Mampu Antisipasi Perundungan

Apel Besar di Purbalingga, Atiqoh Yakinkan Pramuka Mampu Antisipasi Perundungan

Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Tengah, Atiqoh Ganjar Pranowo saat memberikan keterangan soal antisipasi perundungan, usai Apel Besar, Senin 9 Oktober 2023.-AMARULLAH/RADARMAS-

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Sejumlah kasus perundungan yang menimpa siswa sekolah menjadikan Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Tengah, Atiqoh Supriyanti angkat bicara. Saat Apel Besar Gerakan Pramuka di Kwarcab PURBALINGGA, Senin 9 Oktober 2023 di Alun-alun PURBALINGGA, ia meyakinkan jika gerakan Pramuka menjadi garda terdepan mengantisipasi adanya kasus perundungan, terutama yang menimpa siswa.

"Dalam gerakan Pramuka ada beberapa dasar yang membentengi seorang anggota Pramuka untuk tidak membenarkan perundungan. Lalu berani melaporkan jika terbukti ada kasus perundungan," katanya.

Wanita pertama yang menjadi Ketua Kwarda Jateng ini juga meyakinkan dengan empati seorang Pramuka, mampu ikut mengantisipasi dengan mengamalkan dasa dharma Pramuka dan pedoman lainnya.

BACA JUGA:Cincin Susah Dilepas, Warga Kelurahan Donan, Cilacap Minta Bantuan Damkar

"Peran anggota Pramuka di masyarakat saat ini cukup dominan, di segala sektor. Kebencanaan, pendidikan dan lainnya," tambahnya.

Meski begitu, ia belum bisa mewajibkan seorang siswa di sekolah agar masuk Pramuka, kecuali di kelas 1 di setiap jenjangnya. Kalau mewajibkan semuanya masuk gerakan Pramuka, masih butuh waktu dan regulasi.

Pada kesempatan itu, Atiqoh melantik hampir 3.000 Pramuka Garuda di Kwarcab Purbalingga. Didampingi Bupati Purbalingga,Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM juga memberikan penghargaan dan tropi untuk Gudep tergiat dan berbagai lomba di Kwarcab Purbalingga, termasuk Juata Estafet Tunas Kelapa tahun 2023. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: