Puluhan PNS Bakal Purnatugas, Kemenag Banyumas Dorong Pencanangan Dana Abadi Pensiunan

Puluhan PNS Bakal Purnatugas, Kemenag Banyumas Dorong Pencanangan Dana Abadi Pensiunan

Pembekalan persiapan masa pensiun PNS Kemenag Banyumas oleh KaKanKemenag Banyumas, Selasa (8/8).-YUDHA IMAN PRIMADI/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Kantor Kementerian Agama Kabupaten mendorong pencanangan dana abadi bagi pensiunan Aparatur Sipil Negera (ASN) di lingkungannya. Data bagian kepegawaian Kemenag Banyumas, 50 PNS di lingkungannya bakal memasuki masa pensiun tahun ini dan 2024.

Kepala Kantor Kemenag Banyumas, H Ibnu Asaddudin, SAg MPd mengatakan dana abadi bagi pensiunan di lingkungan Kemenag Banyumas perlu dicanangkan. Hal tersebut disampaikannya pada acara pembekalan persiapan masa pensiun PNS Kemenag Banyumas, Selasa (8/8). Menurutnya, kesuksesan seseorang bisa terlihat dari bagaimana tingkat kesejahteraan keluarganya.

"Seorang pejabat pemerintah tidak menjadi jaminan setelah pensiun tingkat kesejahteraannya dapat terus bertahan," katanya.

BACA JUGA:Kemenag Banyumas Ajukan Redistribusi Penempatan Guru PPPK Madrasah

Dilanjutkannya sebaliknya tidak jarang ditemui kondisi pensiunan staff dalam menjalani masa purnatugas justru dapat dikatakan sukses. Dalam menjalani masa pensiunnya, tingkat kehidupannya dapat semakin sejahtera dibandingkan sewaktu masih aktif berdinas sebagai PNS. Melihat kondisi tersebut, persiapan memasuki masa pensiunan seorang PNS wajib direncanakan sejak jauh-jauh hari.

"Terlebih bagi mereka yang terbiasa super aktif. Sebelum memasuki pensiun perlu merencanakan kegiatan sosial keagamaan atau merintis bisnis sesuai dengan bidang yang diminati. Jika tidak, yang terjadi ada pensiunan PNS yang tingkat kesejahteraan hidupnya menurun lantaran memasuki masa purnatugas," ingat Ibnu.

Memasuki bulan keempat menjabat sebagai kepala kantor di Kemenag Banyumas selain mencanangkan dana abadi, dirinya juga berupaya menyiapkan calon pensiunan PNS melalui berbagai diklat kewirausahaan. Kedua hal inilah yang nantinya bisa membantu pensiunan PNS yang terkendala modal ketika akan membuka usaha.

"Dana abadi tidak lain berasal dari sumbangan  para pejabat dan PNS aktif di lingkungan Kemenag Banyumas," pungkasnya. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: