Dinkannak Banyumas Targetkan 1.500 Vaksinasi PMK Kambing per Bulan

Dinkannak Banyumas Targetkan 1.500 Vaksinasi PMK Kambing per Bulan

Kabid Keswan dan Kesmavet Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Banyumas Jan Ari Riyadi.-AAM JUNI RESTINO/RADAR BANYUMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID  - Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Banyumas, mentargetkan melakukan vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada kambing dengan target 1.500 sampai 2.000 kambing setiap bulannya. Hal tersebut sebagai salah satu upaya percepatan vaksinasi PMK.

"Pemerintah provinsi meminta untuk melakukan percepatan vaksinasi. Untuk vaksinasi PMK kambing sudah, kita lakukan sejak bulan kemarin dan saat ini sudah sekitar 1.500 kambing yang kita vaksin," kata Kabid Keswan dan Kesmavet Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Banyumas Jan Ari Riyadi.

Ia menambahkan, saat ini untuk stok vaksinasi PMK di pemerintah provinsi masih tersedia banyak. Target vaksinasi PMK kambing ia katakan, juga melihat dengan ketersediaan stok vaksin.

"Nanti tergantung anggaran dari provinsi. Stok di provinsi masih melimpah," ucapnya.

BACA JUGA:Capaian Vaksin PMK di Banyumas Baru 4.467 Dosis

Untuk bulan ini, pihaknya berencana mengajukan permintaan vaksinasi PMK sebanyak 3.000 dosis. Nantinya akan digunakan untuk mendukung percepatan vaksinasi PMK kambing.

"Kalau kami stok menipis, kami ambil lagi di provinsi," ujarnya.

Lanjut, percepatan vaksinasi PMK kambing ia prioritaskan dilakukan di daerah sentra penghasil kambing mulai dari Kecamatan Gumelar, Lumbir, Cilongok, Kalibagor. Vaksinasi ia sebut, diprioritaskan menyasar kelompok peternak kambing.

"Target kita 80 persen dari jumlah populasi kambing di Kabupaten Banyumas yang mencapai sekitar 177 ribu ekor," ujarnya.

Lebih jauh, untuk bisa bebas dari kasus PMK menurutnya perlu waktu yang cukup lama lima sampai tujuh tahun. Salah upaya yang bisa dilakukan menuju Kabupaten Banyumas bebas PMK adalah dengan melakukan vaksinasi. (aam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: