Tahap Dua Kolam Retensi Ditarget Rampung Akhir Tahun

Tahap Dua Kolam Retensi Ditarget Rampung Akhir Tahun

Aktifitas alat berat melanjutkan pembangunan kolam retensi jalan Bung Karno Purwokerto (24/5/2023).-Foto Dimas Prabowo / Radar Banyumas -

PURWOKERTO  - Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Banyumas, saat ini tengah fokus untuk menyelesaikan pembangunan kolam retensi dj kawasan Jalan Bung Karno. Pembangunan kolam retensi sendiri saat ini, sudah masuk tahap dua. 

"Desember tahun ini kita targetkan kolam retensi bisa selesai," kata Sub Kor Pembangunan SDA Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Banyumas Kabul Raharjo.

Kabul menuturkan, untuk pembangunan kolam retensi direncanakan selesai dalam dua tahap. Untuk tahap dua ia sampaikan dianggarkan Rp 42 miliar. 

"Nanti setelah selesai akan dilakukan pemeliharaan selama dua tahun oleh BBWSO. Setelah itu akan diserahkan ke pemda," paparnya. 

Pembangunan kolam retensi ia sebut, sebagai salah satu upaya dalam melakukan pengendalian banjir di kawasan Purwokerto bagian Selatan. Selain itu juga difungsikan sebagai penyimpan cadangan air perkotaan. 

"Fungsi utamanya tetap konservasi air di Purwokerto," terangnya. 

Meski begitu, ia tidak menutup kemungkinan dengan adanya kolam retensi akan memunculkan side effect, terutama pada sektor wisata. 

"Wisata itu efek lain dari adanya kolam retensi. Tapi fokus tetap pada pengendalian banjir dan penyimpan cadangan air," ujarnya. (aam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: