Hapkido, Seni Bela Diri Korea Dikenalkan ke Banjarnegara

 Hapkido, Seni Bela Diri Korea Dikenalkan ke Banjarnegara

HAPKIDO : Pengenalan olahraga seni bela diri Hapkido di Banjarnegara. Dok KONI Banjarnegara.--

BANJARNEGARA - Seni bela diri Hapkido asal Korea yang saat ini mulai dikenalkan di Banjarnegara, tak hanya itu seni bela diri ini juga mulai bersiap untuk membentuk kepengurusan resmi di Kabupaten Banjarnegara.

Meski masih tergolong baru, beberapa warga Banjarnegara mulai tertarik mempelajari teknik bela diri asal Korea ini, termasuk dengan membentuk kepengurusan demi melegalkan cabang olahraga ini sebagai cabang olahraga prestasi di bawah naungan KONI Banjarnegara. 

"Hapkido merupakan olahraga baru di Banjarnegara, dan kami ingin mengembangkan olahraga seni bela diri ini di Banjarnegara," kata Andreas pelaku olahraga Hapkido Banjarnegara, Kamis (27/4).

Tak hanya sekadar olahraga, dia juga mulai mempersiapkan berbagai langkah untuk menjadikan Hapkido sebagai satu cabang olahraga di bawah naungan KONI Banjarnegara dan siap untuk memberikan prestasi olahraga bagi Kabupaten Banjarnegara.

Dikatakannya, ada beberapa tahapan sebelum pembentukan pengurus di Kabupaten Banjarnegara, dimulai dengan dilakukan kursus singkat tentang seni bela diri Hapkido yang dilanjutkan ujian kenaikkan tingkat, hingga nantinya sampai pada pembentukan dan pelantikan pengurus.

Hapkido merupakan satu seni bela diri ini memiliki ciri khas dengan mengandalkan teknik lunak tanpa senjata serta mengutamakan kuncian dan bantingan, bukan serangan siku maupun pukulan.

"Filosofi hapkido adalah menjaga keseimbangan sesuai singkatan kata yakni `hap` berarti harmoni, `ki` berupa energi dan `do` jalan sehingga menjadi harmonisasi energi," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Umum KONI Banjarnegara Saeful Fadli yang hadir dalam ujian kenaikan tingkat Hapkido di Banjarnegara ini menyambut baik pembentukan Hapkido sebagai cabang olahraga baru di Banjarnegara, dia juga berharap cabang ini bisa ikut memberikan prestasi bagi Kabupaten Banjarnegara dalam kejuaraan resmi baik tingkat provinsi maupun nasional.

"Ini cabang baru, nantinya jika memang memenuhi syarat, maka olahraga ini menjadi bagian dari cabang olahraga prestasi yang ada di bawah naungan KONI Banjarnegara," katanya.(jud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: