Ini Anggaran Untuk Pemeliharaan Rutin, Penambalan Jalan Berlubang di Purbalingga

Ini Anggaran Untuk Pemeliharaan Rutin, Penambalan Jalan Berlubang di Purbalingga

Dibenahi : Miliaran anggaran dibutuhkan untuk pemeliharaan rutin ruas jalan di Kabupaten Purbalingga-DOK. AMARULLAH/RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID- Penanganan kerusakan jalan dengan anggaran pemeliharaan rutin ruas jalan tahun 2023 ini dianggarkan Rp 8,5 miliar setahun. Diantaranya untuk penambalan jalan berlubang dan kerusakan jalan lainnya.

"Bukan untuk peningkatan jalan atau pembangunan jalan aspal/cor. Hanya untuk pemeliharaan rutin," jelas Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR) Purbalingga, Agus Winarno melalui Kabid Bima Marga, Tri Wibowo, Senin 13 Maret 2023.

Pihaknya memiliki tenaga dan peralatan untuk sekedar penambalan jalan dan pengoperasian alat berat. "Upaya yang kami lakukan tetap melihat dampak dan prioritas penanganan. Jika jalur penting untuk pendidikan, wisata, jalur mudik, maka akan kami maksimalkan pelaksanaannya," tambahnya.

Sementara itu, berdasarkan Rencana Kegiatan Anggaran (RKA) tahun  2023, anggaran untuk penanganan kerusakan jalan secara umum mengalami penurunan menjadi sekitar Rp 43 miliar dari yang semula sebesar Rp 78 miliar di tahun 2022 lalu.

"Kami upayakan untuk pemeliharaan berkala seperti penambalan jalan berlubang dan membutuhkan penanganan, akan tetap dialokasikan. Ini kita sedang muter penambalan jalan berlubang," katanya.

Lebih rinci jelaskan adanya kerusakan jalan dipicu faktor cuaca yang kerap hujan. Lalu padatnya kendaraan angkutan yang dimungkinkan bertonase tinggi. Saat ini yang dilakukan membenahi jalan dengan anggaran pemeliharaan rutin, seperti penambalan. (amr)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: