Kerugian Bencana Bukateja Capai Rp 23 Juta, Siang Ini BPBD Asesmen

Kerugian Bencana Bukateja Capai Rp 23 Juta, Siang Ini BPBD Asesmen

Sampai sore kemarin, tim relawan dan gabungan dari berbagai unsur di Bukateja membenahi lokasi terdampak bencana.-PEMERINTAH KECAMATAN BUKATEJA UNTUK RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Dampak bencana alam hujan dan angin ribut di wilayah Kecamatan Bukateja, Selasa 28 Februari sore kemarin menyebabkan kerugian sementara Rp 23 juta. 

"Jumlah itu masih taksiran dan siang ini tim kami turun melakukan asesmen di 3 desa, Kebutuh, Kutawis, Karangnangka," tutur Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purbalingga, Priyo Satmoko SH MH, Rabu 1 Maret 2023.

Asesmen setelah kejadian dilakukan, pada fase tanggap bencana yang ditujukan untuk menggambarkan kerusakan, perubahan fungsi sosial masyarakat dan kebutuhan masyarakat terdampak.

"Rata-rata kerugian karena bagian atap rumah rusak dan rumah tertimpa pohon. Didominasi rusak ringan. Hari ini sudah banyak yang diperbaiki," tambahnya.

Camat Bukateja, Sutriono SSos menjelaskan, dari hasil cek di lokasi bencana, kondisi semalam dan pagi sudah sebagian normal dan gotong- royong antar warga. Misalnya pohon yang tumbang dievakuasi dan mengamankan barang yang anti kehujanan saat atap belum diperbaiki ke lokasi aman.

"Alhamdulillah sudah bisa ditangani. Sore ini jika hujan deras dengan angin kencang, warga diminta tetap waspada, hindari dekat pohon besar dan segera mengamankan diri," tegasnya pagi ini. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: