Begini Kondisi Terbaru Paska Ambrolnya Talud Sirau

Begini Kondisi Terbaru Paska Ambrolnya Talud Sirau

Warga baru gotong royong membersihkan sumbatan drainase dari material tanah yang longsor, Jumat 6 Januari 2023.-MASTANA KARANGMONCOL UNTUK RADARMAS-

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.CO.ID - Hingga Jumat 6 Januari siang ini, kondisi bekas ambrolnya talud lapangan di Desa Sirau masih belum tertangani.

Warga masyarakat baru kerja bakti membersihkan saluran air yang tertutup karena material longsoran tanah kemarin.

Sarwono, Ketua Masyarakat Tanggap Bencana (Mastana) Karangmoncol menjelaskan, puluhan orang sejak pagi sudah berjajar membersihkan jalan dan drainase.

Namun belum melangkah ke penanganan bekas ambrolnya talud lapangan itu.

Ke depan, pihaknya berharap ada bantuan dari pemerintah untuk penanganan lebih lanjut.

Misalnya dengan pemasangan karung plastik berisi pasir atau tanah untuk mengamankan bekas ambrolan.

'Karung plastik atau kandi bisa dipasang dengan bantuan bambu ampel yang besar dan kuat. Agar saat hujan, bekas talud bisa lebih aman," tambahnya.

Saat ini karena belum ada penanganan sementara, maka potensi tanah gugur kembali saat hujan deras, akan lebih berpotensi terulang.

"Minimal ada penahan dulu sebelum ditangani permanen. Kalau memungkinkan pemdes setempat bisa mengalokasikan dana desa untuk perbaikan," ungkapnya.

Seperti diberitakan, talud lapangan sepakbola di Desa Sirau Kecamatan Karangmoncol, Kamis (5/1/2023) ambol.

Talud setinggi kurang lebih 4 meter itu ambol hingga 40 meter dan menjadikan lapangan tempat berlatih klub sepakbola Lang Lang Buana Anggota Askab Purbalingga Liga 1 itu kehilangan tempat latihan rutin. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: