Siswa di Banjarnegara Ciptakan Robotik Pengendali Alat Elektronik

 Siswa di Banjarnegara Ciptakan Robotik Pengendali Alat Elektronik

RUMAH CERDAS : Karya robotic rumah cerdas. Doc Pujud Radar Banyumas--

BANJARNEGARA - Kelompok ekstrakurikuler robotik siswa MTsN 4 Banjarnegara berhasil menciptakan karya robotik dalam bentuk 'Rumah Cerdas'. Dengan menggunakan 'Rumah Cerdas', pengendalian peralatan elektronik misalnya lampu-lampu di dalam maupun di luar rumah dapat dilakukan dari jarak jauh lewat instruksi lisan melaui smartphone, Jumat (23/12).

Sejumlah siswa yang tergabung dalam kelompok ekstrakurikuler robotik siswa dalam Pentas Seni dan Bazar Karya Siswa yang diselenggarakan madrasah tersebut dalam rangka mengakhiri pembelajaran semester gasal 2022/2023, memamerkan ciptaan tersebut berupa replika sistem 'Rumah Cerdas'. Dengan mengucap perintah lewat telepon genggam, "Lampu luar mati," atau "Lampu dalam mati," dari jauh, maka lampu-lampu di rumah itu akan mati.

Salah satu pembimbing robotik, Wahyu Amirudin, mengatakan, Rumah Cerdas karya siswa-siswi yang tergabung dalam kelompok ekstrakurikuler robotik tersebut dibuat dalam waktu sekitar tiga minggu.

"Rumah Cerdas dipilih dalam rangka memanfaatkan sistem perangkat lunak untuk mengendalikan rumah khususnya di luar ruangan," ujar Wahyu Amirudin, didampingi pembina ekstrakurikuler lainnya, Mukhsin Iwan Setiawan.

Menurut Iwan Setiawan, robotik merupakan ilmu yang mempelajari penggunaan tenaga robot guna mempermudah kehidupan sehari-hari. Termasuk di antaranya yang sudah diwujudkan sekarang ini berupa Rumah Cerdas. Amir menambahkan, tidak hanya lampu saja yang dapat dikendalikan dengan Rumah Cerdas, namun juga kipas angin atau apapun yang bersifat elektronik.

"Dengan demikian otomatisasi ini akan memudahkan kita mengontrol rumah," ujarnya pula.

Kepala MTs Negeri 4 Banjarnegara, Sidik Wibowo Akhmad, menyatakan sangat bangga dan mengapresiasi terciptanya karya robotik Rumah Cerdas. "Kami berharap, ciptaan anak-anak ini terus dikembangkan dan bermanfaat," katanya.

Menurut Sidik, di era sekarang lembaga pendidikan madrasah harus semakin baik di berbagai bidang, sehingga tak tertutup kemungkinan nanti akan muncul ilmuan ahli robotik yang berasal dari madrasah.(jud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: