Mengenal Laporan Keuangan dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Mengenal Laporan Keuangan dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Ilustrasi Pengelolaan Keuangan--

Radar Banyumas - Kita tentunya sering mendengar atau membaca kisah-kisah sukses seorang pengusaha. Dari cerita-cerita itu pasti di antara kita ingin juga mengikuti jejak sukses dari salah satu tokoh pengusaha tersebut. Dengan modal yang tidak cukup banyak, banyak seseorang yang kini sudah bisa meraup omzet sampai ratusan juta. 

Tentunya ini menggugah banyak orang untuk mulai menjajal dunia bisnis tersebut. Hal itu memang mudah kalau dibayangkan saja, namun nyatanya selalu ada cerita jatuh bangun yang dialami oleh para pengusaha sukses untuk dapat mencapai era kejayaan.

Mereka yang sudah sukses tidak luput dari masalah-masalah seperti modal, SDM, produksi dan yang paling krusial adalah masalah alur kas. Karena tidak ada strategi keuangan maka banyak di antara pengusaha yang terpaksa harus gulung tikar. Itu sebabnya kami bilang ini adalah masalah yang sangat krusial. Bagaimana pengusaha dapat mengatasi hal ini? Tentunya dengan strategi keuangan yang sudah tersusun dan pembukuan yang rapi.

Alasan mengapa laporan keuangan sangat penting

Pada dasarnya pembukuan tujuannya adalah untuk mengetahui cash flow usaha. Dengan pembukuan kita dapat memantau perkembangan progress fisik dan keuangan usaha, mengetahui perbandingan antara rencana kegiatan dan pelaksanaannya dan menyusun laporan yang diperlukan sebagai pertanggungjawaban atas penggunaan anggaran yang disediakan untuk keperluan informasi management dalam proses pemantauan, evaluasi, pengendalian dan penyusunan anggaran yang akan datang. Selain itu, membantu Anda untuk mengetahui untung dan rugi per bulannya bahkan pertahunnya.

Pembukuan akan lebih teratur didukung dengan pengetahuan pengusaha, namun tidak sedikit pengusaha yang tidak memiliki itu. Ditambah dengan pelaku usaha masih melakukannya secara manual, mulai dari menghitung sendiri, memerlukan berlembar-lembar kertas, membuat kolom-kolom transaksi dan lain-lain. 

Keuntungan Aplikasi pengelolaan keuangan

Keuangan pribadi jelas membawa keuntungan dari teknologi. Namun demikian, ada manfaat lain yang terkait dengan aplikasi ini yang tidak boleh dilewatkan untuk diperhatikan.

  1. Sumber Daya Minimal

Dalam hal bisnis, sumber daya berperan penting dalam menentukan apakah usaha berjalan dengan biaya yang efektif atau tidak. Aplikasi pengelolaan keuangan membantu memecahkan masalah ini karena perangkat lunak akuntansi dapat diinstal dan dimasukkan ke dalam sistem keuangan.

Ini mengarah pada kebutuhan sumber daya yang lebih sedikit untuk memelihara perangkat lunak. Dengan demikian, menjadi lebih hemat biaya bagi bisnis yang harus membawa lebih banyak staf untuk mengelola berbagai bidang proses keuangan.

  1. Transparansi Keuangan Terjamin

Aplikasi pengelolaan keuangan mudah digunakan, yang berarti seringkali berisi antarmuka yang ramah pengguna. Selanjutnya, antarmuka menyediakan akses cepat UKM ke informasi penting mereka.

 

Usaha pelaporan waktu nyata juga didukung dengan serangkaian alat yang membantu menghitung berbagai hal dengan benar mulai dari mengajukan pengembalian PPN hingga memperkirakan arus kas manajemen aset.

  1. Faktur Tepat

Pendapatan dan bea cukai adalah sektor tertentu dari bisnis yang harus dianggap serius. Tidak peduli seberapa mapan bisnisnya, kesalahan mungkin masih bisa muncul saat mengisi dokumen yang membuat mereka kesulitan.

Koleksi yang terlewatkan selalu menjadi penyebab tumpukan kerugian. Aplikasi pengelolaan keuangan datang untuk menyelamatkan agar hal ini tidak terus terjadi, karena mereka mengotomatiskan proses input data dan menghindari semua kesalahan yang tidak dapat dihindari yang dapat dilakukan saat membuat faktur secara manual

  1. Tingkatkan Produktivitas dengan Aplikasi Pengelolaan Keuangan

Fitur penting lainnya yang membuat setiap bisnis ingin menggunakan aplikasi pengelolaan keuangan adalah keuntungan yang ditawarkannya untuk meningkatkan produktivitas. Aplikasi pengelolaan keuangan pribadi membantu membuat rutinitas harian lebih cepat dan lebih efisien.

Hal ini, pada gilirannya, membagi dua beban kerja yang dapat digunakan untuk menyelesaikan tugas-tugas lain yang diperlukan.

  1. Perencanaan Taktis

Merencanakan segala sesuatu untuk masa depan sebelumnya membantu bisnis mengawasi prospeknya. Membantu membangun fondasi yang stabil untuk menghasilkan strategi bisnis yang sukses.

Selain itu, dengan rencana yang dibuat sebelumnya, bisnis dapat membiarkan eksekutif memperkirakan, menganalisis potensi, dan menilai skenario untuk membangun taktik dan rencana sesuai tren pasar terbaru.

Fitur Aplikasi Pengelolaan Uang

Dari konten yang disebutkan di atas, cukup mudah untuk memahami bahwa aplikasi pengelolaan keuangan dimaksudkan untuk membantu Anda mengatur keuangan dengan cepat. Sekarang, mari kita lihat fitur umum dari aplikasi pengelolaan keuangan.

  1. Manajemen Penggajian

Serangkaian fitur manajemen penggajian akan membantu pengguna menentukan dan memproses pembayaran karyawan, menanggapi komitmen pajak yang sah, dan mencetak cek pembayaran tepat waktu. Sistem yang sepenuhnya didedikasikan untuk manajemen penggajian juga tersedia di pasar.

Akuntansi adalah fitur terpenting dari setiap aplikasi pengelolaan keuangan. Aplikasi pengelolaan keuangan dasar terdiri dari buku besar, aset tetap, rekonsiliasi bank, dan akun hutang dan piutang.

Di sisi lain, aplikasi tingkat lanjut memiliki alat yang lebih profesional untuk mempermudah penganggaran bisnis.

  1. Manajemen Inventaris

Manajemen inventaris secara sederhana sama dengan kontrol stok. Alat yang diperlukan untuk memulai tugas manajemen inventaris disediakan oleh aplikasi yang akan memberikan sentuhan profesional pada bisnis.

Bisnis akan diberikan kendali penuh atas pengelolaan produk mereka, dan mereka juga akan dibantu untuk menghindari masalah pengiriman dan kekurangan stok produk mereka.

  1. Akuntansi Proyek

Akuntansi Proyek mengacu pada bagian akuntansi aplikasi. Kemampuan penting dari fitur ini adalah untuk menangani overhead dan memperkirakan biaya yang terkait dengan tenaga kerja.

  1. Penganggaran & Perkiraan

Fitur khusus ini membantu bisnis dalam menghitung kinerja keuangan mereka untuk tahun tersebut. Selain itu, juga memperkirakan anggaran untuk tahun mendatang. Perusahaan dapat menggunakan data ini untuk menetapkan target penjualan yang praktis dan sesuai harapan. Fitur ini sering kali hadir sebagai modul yang dibundel dengan aplikasi pengelolaan keuangan.

Rekomendasi Aplikasi Pengelolaan Keuangan

Selain membutuhkan banyak waktu, dengan cara ini kita harus lebih teliti belum lagi bila ada kesalahan hitung. Tentunya ini akan mempersulit Anda nantinya. Untungnya kini sudah tersedia beberapa aplikasi untuk membantu kegiatan tersebut. Berikut kami rangkum 5 aplikasi pengelolaan keuangan untuk manajemen untuk usaha kecil menengah.

  1. Mekari Jurnal

Jurnal adalah sebuah aplikasi pengelolaan keuangan untuk mengatur sistem pembukuan yang lebih baik bagi pemilik Usaha Kecil & Menengah. Berbagai fiturnya adalah dapat membuat Invoice dan PO, seperti faktur penjualan, pesanan dan pembelian, dan surat jalan professional secara otomatis, pembuatan laporan finansial dan aktivitas bisnis secara real-time, dapat memonitor stok serata lakukan stok opname untuk laporan tepat, dapat menambah pengguna lainnya untuk performa kerja multi-tasking, bahkan adanya online live chat untuk pengguna yang ingin menanyakan informasi lebih lanjut.

Jurnal.id merupakan software akuntansi online dengan laporan keuangan seperti neraca keuangan, arus kas, laba-rugi, dan lainnya. Tujuan Jurnal.id adalah memudahkan pembukuan serta proses akuntansi pemilik bisnis.

Semua perusahaan dan pengusaha pasti menginginkan administrasi yang berjalan baik sementara masih banyak perusahaan yang kesusahan untuk mengelola administrasi yang baik, untuk itulah Jurnal.id hadir sebagai Simple Online Accounting Software untuk menunjang kesuksesan pebisnis.

Dengan menggunakan Jurnal.id, maka lebih menghemat waktu proses administrasi dan operasional, dengan harga yang efisien, efektif dan cepat. Karena itu, pebisnis bisa lebih fokus untuk mengembangkan usahanya.

Jurnal.id bisa diakses secara fleksibel, untuk berbagai perangkat dan kapan saja, selama terhubung dengan internet. Menggunakan software akuntansi ini menjadikan pengguna lebih mudah dalam membuat invoice atau faktur, mengecek inventori, serta membuat laporan keuangan.

Jadi, sistem akuntansi Jurnal.id menjadikan pembuatan laporan keuangan perusahaan lebih mudah, aman, cepat, nyaman, dan datanya bisa diakses secara real-time. Menariknya, Jurnal.id telah memiliki keamanan berstandar tinggi, ISO 27001, setara dengan bank, sehingga keamanan data perusahaan terjamin.

Selain itu, Jurnal memiliki banyak fitur didalamnya seperti:

  • Fitur pembelian di mana didalamnya terdapat fitur purchase order dan invoice dengan rinci dan lengkap.

  • Pembuatan faktur dan perhitungan pajak otomatis.

  • Cash link.

  • Pembuatan laporan keuangan dan masih banyak lagi fitur lainnya.

  • Manajemen Stok

Dengan menggunakan Jurnal, Anda juga dapat mengakses data secara realtime, kapan pun dan di mana pun. Bagi Anda pemilik online shop, manfaatkan juga aplikasi pembukuan online shop untuk membantu pekerjaan Anda. Nikmati kesempatan free trial aplikasi catatan keuangan Jurnal selama 14 hari.

  1. QuickBooks Online

Merupakan salah satu software accounting yang awalnya dirilis pada tahun 1996 oleh developer Intuit Inc, yang juga membuat program seperti Quicken, QuickBase, TurboTax dan banyak lagi. Dengan aplikasi ini pengguna dapat membuat laporan keuangan seperti Laporan penjualan detail / ringkas, laporan pembelian, laporan hutang dan piutang jatuh tempo, laporan inventory, laporan laba rugi dan neraca.

Kelebihan lainnya adalah Anda dapat mengelompokkan transaksi pendapatan atau biaya berdasarkan projek dan lokasi, sehingga bisa membuat Laporan Laba Rugi berdasarkan kelompok projek maupun lokasi yang bisa dilakukan melalui komputer, tablet android maupun smartphone asal terhubung dengan koneksi Internet. 

Ini tentunya sangat menguntungkan bagi pelaku usaha yang memiliki lebih dari 1 usaha dengan lokasi yang berbeda. Meskipun fitur online, keamanan datanya sangat aman karena fitur ini menggunakan data enkripsi layaknya bank selain itu Anda juga bisa melakukan backup data keuangan yang akan tersimpan secara otomatis. Software berbayar ini dibandrol dengan harga mulai dari US$ 15.00 – US$ 31.00 atau sekitar Rp 200-400 ribu perbulannya.

  1. Omega

Omega merupakan aplikasi pengelolaan keuangan Indonesia yang menyediakan modul standar yang lengkap meskipun modul pelengkap dan inventory yang hanya terbatas. Baik digunakan untuk pelaku usaha dalam sektor kecil menengah hingga menengah atas. Di dalam omega accounting terdapat cloud computing 1.0, yang merupakan generasi terbaru dari cloud computing yang lebih personal.

Dengan menggunakan layanan privat cloud computing dari Omegasoft, dapat menghubungkan database setiap cabang usaha Anda di berbagai wilayah, kota, propinsi, hingga antar negara, dengan menggunakan koneksi internet, secara online, realtime, direct access, personal, privat dan tentunya sangat aman.Untuk menggunakan layanan ini, Anda harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 165 ribu perbulannya atau menggunakan paket selama setahun sebesar Rp 1.650.000.

  1. Kiper

Aplikasi pengelolaan keuangan selanjutnya adalah Kiper. Merupakan software akuntansi yang ditujukan untuk usaha kecil menengah yang dapat mengakses, mengelola serta kolaborasi data usaha tentunya berbasis online. Anda dapat membuat invoice tagihan, retur hingga pembayaran. Selain itu, fitur lainnya adalah mampu menangani transaksi dengan mata uang berbeda yang akan di-convert otomatis ke Rupiah.

Mungkin Anda selama ini kurang teliti menulis jurnal/pembukuan usaha. Nah, dengan software ini dilengkapi dengan fitur Jurnal, di mana Anda dapat mencatat Jurnal secara manual dalam format Debit-Kredit dan dilengkapi dengan fitur-fitur yang mempermudah proses jurnal. Software ini terdapat juga fitur kontak berguna agar Anda dapat dengan mudah mengakses kontak costumer, supplier, maupun pegawai.

Untuk biaya penggunaan aplikasi pengelolaan keuangan ini dikenakan biaya sebesar Rp 89 ribu sampai Rp 199 ribu per bulannya tergantung paket apa yang dipilih. Bila Anda yang ingin mencoba ditawarkan penawaran trial, maka Anda bisa menggunakan aplikasi ini gratis selama 14 hari dan bila Anda ingin berlangganan selama 1 tahun akan ada bonus 2 bulan pemakaian tanpa dikenakan biaya tambahan.

Demikian 5 software pengelolaan keuangan online yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku usaha kecil menengah. Pada masing-masing software tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda itu sebabnya, harga yang diberikan ada yang mahal dan ada yang lebih murah. Nah, jadi pemilihannya tergantung dengan kebutuhan usaha dan budget yang Anda miliki. 

Namun jika Anda ingin menggunakan aplikasi dengan performa yang baik tentu tidak ada salahnya untuk menginvestasikannya pada aplikasi pengelolaan keuangan yang menawarkan performa dan fitur yang lengkap pula. Semoga artikel ini dapat berguna sebagai rekomendasi Anda dalam mencari aplikasi pengelolaan keuangan untuk kebutuhan usaha kecil menengah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: