Honda

Banjir di Desa Karangtengah Cilongok, Jalan dan Talud Rusak Sepanjang 280 Meter, Kerusakan Rumah Masih Didata

Banjir di Desa Karangtengah Cilongok, Jalan dan Talud Rusak Sepanjang 280 Meter, Kerusakan Rumah Masih Didata

Banjir bandang untuk kedua kalinya kembali menerjang Desa Karangtengah Kecamatan Cilongok, Kamis (22/9/2022). Jalan dan talud rusak sepanjang 280 Meter, kerusakan rumah masih didata-Foto DPU Banyumas for Radar Banyumas -

Radarbanyumas, Purwokerto- Banjir bandang untuk kedua kalinya kembali menerjang Desa Karangtengah Kecamatan Cilongok, Kamis (22/9) sore ini.

Jika pada Rabu (21/9) lalu banjir hanya berdampak merusak akses jalan. Pada Kamis (22/9) sore ini, dampak banjir terbilang cukup parah, pasalnya selain menutup akses jalan, banjir itu juga merendam puluhan rumah warga di Grumbul Menggala Desa Karangtengah. 

Terjadinya banjir bandang itu, disebabkan oleh tingginya intensitas hujan sehingga membuat embung milik BBPTU meluap dikarenakan tidak dapat menampung debit air. Dan juga tidak berfungsinya beberapa saluran air.

"Sekitar pukul 13.30 hujan mulai turun di sekitar BBPTU desa Karangtengah, luapan air dari BBPTU mulai membanjiri jalan kabupaten Ruas Jalan Karanglo sampai Cipendok karena drainase yg ada tidak dapat menampung air hujan," kata Riyatno, Kabid Pemeliharaan Jalan dan Jembatan DPU Banyumas Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Banyumas. 

Akibatnya, karena peristiwa itu, Riyatno menyebutkan, kurang lebih 280 meter jalan dan talud rusak. 

"Kalau kejadian Rabu kerusakan jalan sepanjang 9 Mete di stationing 5 plus 800, kalau kejadian hari ini kerusakan jalan, talud serta tumpukan material di drainase kurang lebih 280 m di stationing 6 plus 300 sampai 6 plus 580" terangnya. 

Sementara untuk kerusakan infrastruktu rumah milik warga menurutnya, masih dilakukan pendataan didata oleh DPU, Forkompincam Cilongok, BPBD dan Pemdes Karangtengah. (win)

Sumber: