Honda

Marketing 5.0 Penggabungan Offline dan Online

Marketing 5.0 Penggabungan Offline dan Online

Dimas Witjaksana menyampaikan materi Marketing 5.0 Technology and Security for Humanity di Yudhistira Room Java Heritage Hotel Purwokerto, Kamis (22/9).-Foto Laily Media Y/Radar Banyumas -

PURWOKERTO- Memasuki era 5.0 juga penting dalam dunia pemasaran. Menurut Director of Business Development Infinity Global Inovasi Collaborate Company, Dimas Witjaksono, untuk marketing 5.0 merupakan kolaborasi anatara pemasaran secara offline dan online.

"Pelayanan offline juga penting, dengan menyapa konsumen secara hangat," paparnya pada acara Dimensi Talk Marketing 5.0 Technology and Security for Humanity di Yudhistira Room Java Heritage Hotel Purwokerto, Kamis (22/9).

Manusia sebagai figur pemasarannya harus belajar agar tidak terdigitalisasi secara negatif. Maksudnya, pemasaran hari ini ada tantangan. Jika tidak bisa menyampaikan dengan senyuman, pelayanan baik dan santun, akan diganti robot.

Dimas mengatakan, manusia harus siap menghadapi arus dan gempuran teknologi. Namun masih bisa perform, sehingga tidak digantikan dengan robot.

"Sebagus apapun teknologi robot, tidak bisa merasakan, serta tidak punya pengalaman dan kebijaksanaan," katanya.

Sementara itu, melihat perkembangan hari ini, semua pemasaran punya atraksi berupa promo. Banyaknya atraksi atau promo tersebut, membuat konsumen kesulitan mencari kualitas barang. Dan yang bisa menyampaikan tentang kualitas barang, dari manusianya.

Menurut Dimas, manusia hari ini harus punya formula yang kuat, agar bisa tumbuh, improve lalu ketemu kebutuhan yang namanya soft skill, hard skill, dan skill mindset.

"Maka akan muncul heart set, bagaimana kita memahami kehidupan dengan benar, memang lebih ke spiritual," ujarnya.

Ternyata hal spiritual, keyakinan, dan ketenangan pada hari ini sangat dibutuhkan untuk memperbaiki komunikasi dan empati. (ely)

Sumber: