Dosen Amikom Latih Pembuatan Konten Promosi Dengan Media Digital

Dosen Amikom Latih Pembuatan Konten Promosi Dengan Media Digital

Pengabdian pada masyarakat berbentuk pelatihan pembuatan konten promosi dengan media digital oleh Dosen Sistem Informasi Universitas Amikom Purwokerto di Purwojati awal tahun ini.-Ilham Albana untuk Radarmas-

PURWOKERTO - Bertempat di Desa Gerduren Kecamatan Purwojati pada 9 Januari lalu, Dosen Universitas Amikom, Ilham Albana, SKom MMSI dan Irfan Santiko, SKom MKom melaksanakan pengabdian kepada masyarakat berbentuk pelatihan pembuatan konten promosi dengan media digital.

Dosen Prodi Sistem Informasi, Ilham Albana SKom MMSI mengatakan pengabdian kepada masyarakat di Desa Gerduren dilakukan sebagai respon atas kesulitan yang dialami oleh kelompok pengrajin UMKM Bangkit di desa wisata wilayah Banyumas.

"18 pelaku UMKM kerajinan tangan, makanan dan  minuman hadir mengikuti pendampingan," katanya.

Ilham menjelaskan pelaksanaan pengabdian disesuaikan dengan kebutuhan kelompok untuk melakukan promosi produk melalui media digital dan e-commerce. Pelatihan dibagi menjadi tiga tahap yaitu sosialisasi program, jajak pendapat tentang kebutuhan promosi produk di masa pandemi dan inisiasi perancangan dan pembuatan konten promosi dengan media digital.

"Pelatihan pembuatan konten promosi dengan media digital kami laksanakan di Purwojati karena berbarengan dengan expo UMKM di daerah tersebut," terang dia.

Adapun yang didapatkan peserta dari pelatihan kali ini setidaknya ada lima benefit yaitu kemampuan dalam membuat desain, kemampuan dalam strategi pemasaran melalui visual desain grafis, kemampuan menganalisa produk pelanggan melalui sosmed, kemampuan mengolah informasi dari sosmed dan menterjemahkan ke dalam bentuk desain grafis sampai kemampuan dalam kreativitas dan inovasi baik produk maupun strategi pemasaran yang memiliki ketertarikan.

"Untuk mendukung program UMKM dalam meningkatkan produktivitas dan profit paska pandemi diperlukan alat bantu berupa teknologi informasi. Bukan hanya itu bahkan sampai pada pembelajaran mulai dari pengenalan hingga implementasi teknologi informasi juga perlu disampaikan secara detail," pungkas Ilham. (yda/rdr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: