Tarif AKDP di Terminal Bulupitu Purwokerto Naik Mulai Dari 5 Ribu hingga 20 Ribu

Tarif AKDP di Terminal Bulupitu Purwokerto Naik Mulai Dari 5 Ribu hingga 20 Ribu

Salah satu calon penumpang duduk di loket pemesanan tiket bus Terminal Bulupitu Purwokerto, Rabu (7/9/2022)-Foto Ahmad Erwin/Radar Banyumas -

 Radarbanyumas, Purwokerto- Tarif tiket bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) di Terminal Bulupitu Kota Purwokerto sejak Kamis (8/9) kemarin mulai mengalami kenaikan menyusul naiknya harga BBM. 

Kenaikan tarif tiket bus AKDP itu mengalami kenaikan bervariasi dari 15 hingga 40 persen.

"AKDP dari pemantauan kami kemarin, terjadi kenaikan bervariasi dari 15 hingga 40 persen, itu 5 ribu sampai 20 ribu, tergantung jarak," kata Bayu Setiawan, Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Purwokerto, Jumat (9/9). 

Namun untuk penetapan tarif itu secara resmi, Bayu melanjutkan, masih menunggu turunnya SK dari Pemprov Jateng. 

"Kalau AKPD dari Provinsi ini belum kita terima, karena yang mengeluarkan SK dari Provinsi, tetapi kalau untuk AKAP itu sudah keluar tanggal 7 kemarin dan mulai berlaku tanggal 10 besok," tambahnya. 

Bayu juga menjelaskan, kenaikan tarif itu merupakan inisiatif dari para perusahaan bus AKDP. 

"Dari pemberlakuan tarif itu artinya mereka melakukan itu karena biaya operasi yang berdampak langsung pada mereka, sehingga mereka menaikkan, tetapi kalau dihitung idealnya, itu harusnya kenaikan penyesuaian 36,8 persen, artinya biaya komponen tarif dasar, yang secara detail rumusnya tarif dasar berapa rupiah dikalikan perpenumpang dan perkilometernya," pungkasnya. (win)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: