PPK Ormawa Geografi UMP di Desa Srati Luncurkan Desa Wisata Berkelanjutan

PPK Ormawa Geografi UMP di Desa Srati Luncurkan Desa Wisata Berkelanjutan

PPK Ormawa Geografi UMP di Desa Srati Luncurkan Desa Wisata Berkelanjutan-HUMAS UMP UNTUK RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) melalui Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Geografi resmi meluncurkan Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK Ormawa) di Balai Desa Srati, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. 

Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Kepala Desa Srati, Kepala Program Studi Pendidikan Geografi sekaligus dosen pembimbing, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kebumen, KRPH Perhutani Kabupaten Kebumen, TNI Angkatan Laut Kabupaten Kebumen, Ketua Kebumen Geopark Youth Forum, serta masyarakat Desa Srati.

Ketua Program Studi Pendidikan Geografi sekaligus dosen pembimbing, Dr rer nat Anang Widhi Nirwansyah MSc berharap agar semua stakeholder dapat berkolaborasi untuk mensukseskan program ini. 

"Program ini didukung melalui pendanaan oleh Direktorat Jenderal Belmawa dan akan dilaksanakan selama lima bulan oleh 15 tim pelaksana, lima tim support system, dan anggota HMPS Pendidikan Geografi UMP," jelasnya saat dikonfirmasi di Purwokerto, Jum’at (5/7/2024). 

Ketua Pelaksana PPK Ormawa HMPS Pendidikan Geografi, Sofi Yuni Pramesti, menjelaskan berbagai program yang akan dilaksanakan, antara lain pemanfaatan potensi sumber daya menjadi mini geopark untuk menambah wisata edukasi di Pantai Pecaron, pembuatan tiga spot instagramable, pemasangan tong sampah berkategori dan bersih Pantai. 

“Pembuatan peta jumlah dan asal pengunjung, forum kelembagaan, peningkatan kapasitas masyarakat dalam pengelolaan wisata, kewirausahaan, dan mitigasi bencana tsunami. Selain itu, akan ada kerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kebumen, hilirisasi olahan kelapa, branding wisata di media sosial, serta launching desa wisata dalam bentuk EXPO,” jelasnya. 

Lebih lanjut, Sofi Yuni Pramesti menekankan pentingnya dukungan penuh dan kontribusi dari masyarakat Desa Srati dalam melaksanakan program tersebut.

"Kami berharap dengan adanya program PPK Ormawa HMPS Pendidikan Geografi yang dilaksanakan bersama masyarakat dapat menjadi kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh dosen dan mahasiswa yang bermuara pada inisiasi Desa Srati menjadi desa wisata," tutupnya.

Sementara itu, Kepala Desa Srati, Sarmanto, menyampaikan apresiasi dan harapannya terhadap program PPK Ormawa HMPS Pendidikan Geografi. 

“Program ini bertujuan untuk "Optimalisasi Potensi Geowisata Desa Srati Kecamatan Ayah dengan Penerapan Prinsip Geopark Menuju Desa Wisata yang Berkelanjutan". Kami berharap semua pihak dapat berkolaborasi untuk mengembangkan potensi sumber daya yang ada di Desa Srati,” pungkasnya. (*/tgr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: