5 Tanda Kualitas Oli Transmisi Motor Matic Sudah Mulai Menurun

5 Tanda Kualitas Oli Transmisi Motor Matic Sudah Mulai Menurun

Tanda-tanda kualitas oli transmisi motor matic sudah mulai menurun-Pinterest -

4. Suara Bising atau Aneh 

Suara bising atau aneh yang terdengar dari transmisi motor matic adalah tanda peringatan bahwa ada masalah pada sistem transmisi yang perlu segera ditangani. 

Jika level oli transmisi terlalu rendah, komponen dalam transmisi dapat mengalami gesekan berlebih, menyebabkan suara bising atau berdecit.

Kerusakan pada bearing atau gear dalam transmisi juga dapat menyebabkan suara bising atau gemeretak saat komponen berputar.

Kerusakan pada transmisi dapat mengakibatkan penurunan performa keseluruhan motor matic, termasuk akselerasi yang lambat, perpindahan gigi yang kasar, atau bahkan kegagalan total transmisi.

Selain itu, nengabaikan masalah pada transmisi juga dapat mengakibatkan kerusakan yang lebih serius dan memerlukan biaya perbaikan yang tinggi di kemudian hari.

5. Munculnya Endapan di Dipstick

Endapan yang muncul di dipstick oli transmisi motor matic adalah tanda bahwa ada masalah pada sistem transmisi yang perlu segera ditangani.

Endapan ini biasanya terdiri dari partikel-partikel logam, kotoran, atau kontaminan lain yang telah tercampur dengan oli transmisi.

Endapan dapat terdiri dari partikel-partikel halus atau kasar yang dapat teraba saat kalian mengusap dipstick dengan jari.

Endapan yang terbentuk dapat mengganggu kemampuan oli transmisi dalam melumasi dan melindungi komponen transmisi.

Partikel-partikel kasar dalam endapan juga dapat meningkatkan gesekan antara komponen transmisi, menyebabkan peningkatan suhu dan keausan yang lebih cepat.

Jika endapan tidak segera ditangani, risiko kerusakan pada komponen transmisi seperti gear, bearing, atau clutch akan meningkat.

BACA JUGA:4 Rangkaian Servis Motor Matic yang Harus Dilakukan

BACA JUGA:5 Kebiasaan yang Membuat Aki Motor Matic Tidak Awet

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: