Begini Cara Mengatasi Rem Motor Matic Bunyi Saat Ditekan

Begini Cara Mengatasi Rem Motor Matic Bunyi Saat Ditekan

Perhatikan tanda-tanda penting seperti warna mengeruh, waktu pemakaian, dan kurangnya responsifitas rem. Ganti minyak rem untuk keselamatan berkendara.-Pinterest -

Salah satu penyebab bunyi saat melakukan pengereman adalah kampas rem yang telah tipis. Gesekan logam antara kampas rem yang tipis dengan disc brake atau piringan rem dapat menyebabkan suara decitan yang mengganggu. 

BACA JUGA:Penyebab Mesin Motor Matic Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

BACA JUGA:6 Rekomendasi Motor Matic Keyless Membuat Berkendara Tidak Ribet

Sayangnya, banyak pengendara yang sering kali menunda penggantian kampas rem yang sudah tipis, padahal rem adalah salah satu komponen penting yang sangat mempengaruhi keselamatan pengendara.

Cara Mengatasinya:

1. Periksa Ketebalan Kampas Rem: Lakukan pemeriksaan terhadap ketebalan kampas rem Anda. Jika kampas rem sudah tipis dan tidak memiliki ketebalan yang mencukupi, maka segera lakukan penggantian.

2. Ganti Kampas Rem yang Baru: Membeli kampas rem baru adalah solusi terbaik untuk mengatasi masalah kampas rem yang tipis. Ingatlah bahwa kampas rem yang sudah tipis tidak akan dapat bertahan lama, dan menundanya hanya akan meningkatkan risiko kecelakaan.

3. Jadwalkan Pemeriksaan Rutin: Untuk mencegah masalah serupa di masa mendatang, penting untuk menjadwalkan pemeriksaan rutin terhadap sistem rem motor matic Anda. Dengan demikian, Anda dapat mengidentifikasi masalah dengan cepat dan mengambil tindakan preventif yang diperlukan.

Dengan melakukan penggantian kampas rem yang baru secara tepat waktu, Anda dapat menghindari bunyi berdecit pada rem motor matic saat ditekan dan memastikan bahwa sistem rem Anda berfungsi dengan baik. 

3. Mengatasi Rem Terkontaminasi Oli

Pengalaman bunyi berdecit saat menekan rem motor matic seringkali menjadi momok yang mengganggu bagi pengendara. Salah satu penyebabnya adalah kampas rem yang terkontaminasi oleh oli atau minyak.

BACA JUGA:Jadi Lebih Gesit! Inilah 6 Cara Meningkatkan Performa Motor Matic Dalam Jangka Panjang

BACA JUGA:Bisa Berakibat Fatal! 5 Kebiasaan Buruk yang Sering Dilakukan Saat Mengendarai Motor Matic 

Sebagian kecil pengendara mungkin meyakini bahwa menggunakan oli atau minyak pada kampas rem akan membuat rem lebih pakem, namun, hal tersebut justru dapat menyebabkan kampas rem gosong dan meningkatkan risiko kecelakaan bagi pengendara.

Cara Mengatasinya:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: