Wajib Tau! 5 Bahaya Penggunaan Kampas Rem Motor Matic Palsu

Wajib Tau! 5 Bahaya Penggunaan Kampas Rem Motor Matic Palsu

Gaya berkendara agresif dan muatan berat adalah penyebab utama kampas rem motor matic cepat habis karena meningkatkan tekanan dan gesekan pada sistem pengereman-Pinterest -

Penggunaan kampas rem motor matic palsu juga dapat mengakibatkan kerusakan pada bagian-bagian lain dari sistem rem. 

Kampas rem palsu cenderung memiliki karakteristik yang berbeda dari kampas rem asli, seperti dimensi yang tidak tepat atau bahan yang kurang berkualitas. 

Hal ini dapat menyebabkan gesekan berlebih dan abrasi pada bagian-bagian lain, seperti cakram dan kaliper.

Abrasi yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada permukaan cakram rem, yang mengurangi efektivitas pengereman dan memperpendek umur pakai cakram itu sendiri. 

Selain itu, tekanan dan gesekan yang tidak merata juga dapat menyebabkan kerusakan pada kaliper, yang merupakan bagian penting dari sistem rem. 

Kerusakan pada kaliper dapat mengganggu gerakan piston kaliper dan mengurangi kemampuannya untuk memberikan tekanan yang cukup pada kampas rem, mengurangi kinerja pengereman secara keseluruhan.

5. Biaya Perbaikan Tambahan 

Penggunaan kampas rem motor matic palsu bisa mengakibatkan biaya perbaikan tambahan yang tidak terduga. 

Kampas rem palsu cenderung memiliki kinerja yang rendah dan bisa merusak komponen lain dalam sistem rem.

Kerusakan pada bagian-bagian seperti cakram, kaliper, atau bahkan sistem hidrolik rem bisa terjadi karena penggunaan kampas rem palsu.

Biaya perbaikan tambahan tersebut meliputi biaya penggantian komponen yang rusak, biaya tenaga kerja untuk melakukan perbaikan, dan biaya tambahan yang mungkin timbul jika terjadi kecelakaan atau insiden yang disebabkan oleh kinerja rem yang buruk. 

Selain itu, jika kerusakan menyebabkan kendaraan tidak dapat digunakan untuk sementara waktu, kalian juga perlu mempertimbangkan biaya transportasi alternatif atau kehilangan pendapatan jika kendaraan digunakan untuk usaha.

BACA JUGA:Kalian Harus Tahu! Inilah 5 Perawatan Fuel Pump Motor Matic Agar Tetap Berfungsi Dengan Optimal

BACA JUGA:Yuk Ketahui! Inilah 5 Jenis dan Fungsi Lampu yang Ada di Motor Matic

Untuk menjaga keselamatan dan memastikan kinerja optimal kendaraan, selalu gunakan kampas rem asli dan berkualitas dari produsen terpercaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: