Bagaimana Cara Memilih Motor Listrik yang Tepat untuk Kebutuhan Kuliahmu?

Bagaimana Cara Memilih Motor Listrik yang Tepat untuk Kebutuhan Kuliahmu?

Cara Memilih Motor Listrik yang Tepat untuk Kebutuhan Kuliah-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Memilih motor listrik yang tepat untuk kebutuhan kuliah tidak bisa dilakukan sembarangan. Apalagi dengan banyaknya pilihan motor listrik di pasaran saat ini. 

Kebutuhan akan motor listrik bagi para mahasiswa dapat sangat beragam, tergantung pada kebiasaan, mobilitas, dan lingkungan tempat tinggal mereka. Untuk itu, berikut kami jelaskan mengenai cara yang tepat untuk memilih motor listrik bagi mahasiswa. 

Cara Memilih Motor Listrik yang Tepat untuk Kebutuhan Kuliah

Setidaknya ada 6 hal yang perlu dipertimbangkan oleh mahasiswa ketika ingin membeli motor listrik untuk kebutuhan harian mereka. 

1. Biaya Operasional

Bagi para mahasiswa dengan anggaran terbatas, biaya operasional menjadi pertimbangan utama dalam memilih kendaraan. Motor listrik hadir sebagai solusi tepat, menawarkan keuntungan biaya operasional yang lebih hemat dibandingkan kendaraan berbahan bakar fosil.

BACA JUGA:Rekomendasi Motor Listrik untuk Kuliah, Tampil Modern dengan Pilihan Warna Menarik

BACA JUGA:7 Spesifikasi Motor Listrik yang Tepat untuk Berkuliah, Panduan Memilih Spesifikasi Terbaik

Pengisian daya motor listrik umumnya lebih murah daripada membeli bensin atau solar. Untuk memperkirakan biaya operasional secara menyeluruh, penting untuk mempertimbangkan dua hal: biaya pengisian daya dan estimasi jarak tempuh per pengisian.

Biaya pengisian daya dapat dihitung dengan mengalikan tarif listrik per kWh dengan konsumsi daya baterai motor. Konsumsi daya baterai dapat diketahui dari spesifikasi motor atau hasil pengujian.

Estimasi jarak tempuh per pengisian bervariasi tergantung model motor, kapasitas baterai, dan gaya berkendara. Rata-rata, motor listrik dengan satu kali pengisian penuh dapat menempuh jarak 50-70 km.

Dengan menghitung kedua hal tersebut, mahasiswa dapat memprediksi biaya operasional motor listrik per hari, minggu, atau bulan. Hal ini memungkinkan mereka untuk memastikan bahwa motor listrik yang dipilih sesuai dengan kemampuan finansial mereka.

2. Desain yang Praktis dan Ringan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: