Cara Mencegah Ledakan pada Baterai Motor Listrik, Berkendara Aman dan Tenang

Cara Mencegah Ledakan pada Baterai Motor Listrik, Berkendara Aman dan Tenang

Mencegah Ledakan pada Baterai Motor Listrik, Berkendara Aman dan Tenang-unitedmotor-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Cara mencegah ledakan pada baterai motor listrik sangat diperlukan, sehingga pengguna dapat berkendara dengan aman dan nyaman tanpa rasa khawatir ledakan.

motor listrik kian digandrungi sebagai kendaraan masa depan. Keunggulannya dalam hal ramah lingkungan, hemat biaya, dan perawatan yang mudah menjadi daya tarik tersendiri.

Namun di balik kemudahannya terdapat potensi bahaya yang perlu diwaspadai, yaitu ledakan baterai. Ledakan ini tak hanya menimbulkan kerusakan pada motor, tapi juga bisa membahayakan keselamatan jiwa.

Oleh karena itu penting bagi pengguna motor listrik, untuk memahami cara mencegah ledakan pada baterai motor listrik. Mari kita kupas lebih dalam langkah-langkah yang dapat dilakukan, untuk menjamin keamanan dan ketenangan pikiran saat berkendara:

BACA JUGA:KEREN NIH ! 7 Rekomendasi Motor Listrik Balap yang Sangat Cepat

BACA JUGA:YUK SIMAK! Tata Cara Mendaur Ulang Baterai Motor Listrik yang Tepat

1. Baterai Original

Baterai merupakan jantung dari motor listrik yang berfungsi menyimpan energi listrik, yang menggerakkan motor dan menentukan performa kendaraan. Jangan tergiur dengan harga baterai yang lebih murah, apalagi yang berasal dari produsen tak dikenal.

Selalu gunakan baterai original yang direkomendasikan pabrikan motor listrik Anda. baterai original telah melalui proses pengujian ketat dan dirancang khusus, untuk kompatibel dengan motor dan sistem kelistrikannya.

Pabrikan memastikan kesesuaian kapasitas, voltase, dan ampere baterai dengan kebutuhan motor listrik. Baterai original juga dilengkapi dengan sistem keamanan yang mencegah terjadinya korsleting listrik, salah satu penyebab utama ledakan baterai.

Menggunakan baterai imitasi atau baterai bekas dari motor lain dapat berujung fatal. Spesifikasi baterai yang tidak sesuai dapat mengganggu kinerja motor listrik, bahkan berisiko memicu korsleting listrik dan ledakan. 

BACA JUGA:Baterai Motor Listrik Didaur Ulang? BISA ATAU TIDAK

BACA JUGA:5 Manfaat Mendaur Ulang Baterai Motor Listrik

Ingat baterai original memang memiliki harga yang sedikit lebih tinggi, namun hal tersebut sebanding dengan keamanan dan ketenangan pikiran yang Anda dapatkan.

2. Mengisi Daya dengan Bijak

Baterai memiliki siklus pengisian dan pengosongan yang optimal. Sama seperti halnya baterai pada smartphone, baterai motor listrik pun tak boleh diisi daya secara berlebihan (overcharging). 

Membiarkan baterai terisi penuh dalam waktu yang lama, apalagi menggunakan charger yang tidak sesuai dapat merusak sel-sel baterai dan meningkatkan risiko ledakan.

Biasakan untuk mengisi daya baterai sesuai dengan kebutuhan. Idealnya isi daya baterai saat levelnya tersisa sekitar 20-30%, dengan demikian baterai tidak perlu terisi penuh dalam waktu yang lama.

BACA JUGA:PERHATIKAN ! Ini Dia Alat Untuk Mendaur Ulang Baterai Motor Listrik

BACA JUGA:Tips Memilih Cat Body Motor Listrik, Bikin Motor Jadi Keren dan Estetik

Gunakan selalu charger original yang diberikan pabrikan atau charger yang direkomendasikan. Charger original memiliki spesifikasi yang sesuai dengan baterai, sehingga proses pengisian daya berlangsung aman dan optimal.

3. Periksa Rutin

Cara mencegah ledakan pada baterai motor listrik selanjutnya yaitu, lakukan pengecekan kondisi baterai secara berkala untuk mendeteksi kerusakan sejak dini. Perhatikan tanda-tanda seperti baterai yang menggembung, bocor cairan elektrolit, atau mengeluarkan bau tidak sedap.

Baterai yang menggembung biasanya menandakan sel-sel baterai mengalami kerusakan, dan tidak dapat lagi menyimpan energi secara optimal. Kebocoran cairan elektrolit dapat memicu korsleting listrik dan ledakan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: