Jelang Ramadhan Harga Kebutuhan Pokok di Cilacap Terpantau Normal

Rabu 01-03-2023,19:04 WIB
Reporter : Julius Purnomo
Editor : Admin

CILACAP - Harga kebutuhan pokok di Kabupaten Cilacap memasuki bulan suci Ramadhan masih terpantau stabil, hal itu diungkapkan Ketua Tim Jejaring Keamanan Pangan Daerah (TJKPD) Awaluddin Muuri saat ditemui Radarmas, Rabu 01 Maret 2023.

 

"Kalau hasil pemantuan tim TJKPD belum ditemukan adanya kenaikan yang signifikan pada harga kebutuhan pokok," katanya, Rabu 01 Maret 2023.

 

Meski demikian, Awalludin tidak memungkiri bahwa harga komoditas cabai masih tergolong tinggi, tapi sudah ada tren penurunan.

 

"Komoditas cabai ini tidak bisa diprediksi untuk kenaikan harga nya, tapi untuk Cilacap ada penurunan, yang tadinya Rp 56.000 per kilo sekarang sudah Rp 53.000 untuk cabai rawit merah," lanjutnya.

 

Sedangkan untuk harga harga kebutuhan pokok lainnya masih tergolong stabil seperti beras jenis IR di harga Rp 11.500 per kg, Kemudian gula pasir Rp 14 ribu, daging ayam ras Rp 31 ribu dan daging sapi Rp 130 ribu per kg.

 

"Semua masih normal, hanya saja minyak goreng saat ini normal di harga Rp 19.000 tergantung merk, sedangkan minyak goreng curah dalam kemasan harga masih berpatokan pada HET yaitu Rp.14.000," tambahnya.

 

Dengan kondisi tersebut, Awaluddin menjamin ketersediaan stok bahan pokok menjelang bulan suci Ramadhan untuk kabupaten Cilacap masih relatif aman.

 

"Masih aman untuk menghadapi Ramadhan, semisal ada kelangkaan langsung kita tindak lanjuti dengan operasi pasar atau langkah lainnya," pungkasnya.(jul) 

Tags :
Kategori :

Terkait