RS Ananda Luncurkan Layanan ‘Home Care’ di Ulang Tahun Ke-29

Selasa 10-09-2019,15:21 WIB

Perawatan ibu dan bayi adalah salah satu jenis Layanan Ananda Home Care, RS Ananda Purwokerto. Pasien ditangani tenaga medis profesional di rumah dengan jadwal sesuai keinginan. PURWOKERTO - Pasien geriatrik (lansia) terus bertambah. Mereka membutuhkan layanan kesehatan yang komprehensif dan professional. Mendapatkan perawatan kesehatan di rumah (home care) menjadi impian. Demikian juga pasien paliatif alias penyakit yang susah sembuh. Hal serupa dialami pasangan baru yang mendambakan layanan kesehatan non gawat darurat bagi si buah hati di rumah. “Itulah alasan diluncurkannya Ananda Home Care. Layanan kesehatan non gawat darurat yang dilakukan di rumah pasien. Bahasa sederhananya, memindahkan rumah sakit ke rumah pasien itu kebutuhan sekaligus gaya hidup,” kata Direktur RS Ananda Purwokerto, dr Widayanto MKes, Senin (9/9). Ananda Home Care (AHC) diluncurkan bertepatan dengan momen HUT RS Ananda ke 29. Menurut dia, konsep layanan home care sebenarnya sangat sederhana karena harapan hidup orang Banyumas saat sekarang makin tinggi. Dalam hal ini, kata dia, ada kebutuhan layanan kesehatan ketika orang tua tambah tua, sementara anaknya sukses tapi jauh di luar kota. Launching AHC dilakukan dr Widayanto bersama Pendiri RS Ananda Purwokerto, dr Hadi Setyo SpOG. "Dengan adanya Ananda Home Care, kami berharap bisa ikut berpartisipasi merawat orang-orang tua yang di rumah sendirian sehingga mereka bisa hidup bahagia di hari tuanya. Juga demikian terhadap pelayanan kesehatan ibu dan anak," kata mantan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas itu. Tingginya angka kematian ibu, lanjut Widayanto, juga menjadi inspirasi lahirnya AHC. RS Ananda, katanya bekerjasama dengan Bupati Banyumas bagaimana agar ibu hamil mengakses kesehatan dengan mudah. "Konsep home care untuk ibu dan anak ini adalah bagaimana ibu hamil peduli terhadap kehamilannya. Sehingga ketika melahirkan sudah siap merawat bayi dengan baik,” katanya. . Permintaan AHC sendiri lebih dari 100 layanan dalam satu bulan, sejak soft launching Januari 2019. Untuk itu, masyarakat disarankan terlebih dahulu menghubungi customer service AHC untuk memastikan jadwal kunjungan. Sekaligus, memastikan layanan tepat sesuai kebutuhan pasien. Pada tahap awal untuk mengetahui lanjut masyarakat bisa follow IG @ananda_homecare. “Layanan AHC juga sedang kita siapkan versi aplikasi, sebagaimana kebutuhan gaya hidup masyarakat kekinian. Pada akhirnya layanan AHC ini merupakan ujud bukti cinta, pelayanan tepat dan mewakili gaya hidup modern (life style) ,” terang dokter Widayanto lagi. Kepala Layanan AHC, dr Ike Anggraeni Fatmasari mengatakan secara umum ada lima jenis layanan. Yakni perawatan bayi dan ibu, perawatan lansia, perawatan luka kecelakaan, perawatan luka diabetes, serta layanan fisioterapi. “Kalau jumlah perawat yang datang disesuaikan kebutuhan setelah kita observasi ke pasien. Bisa satu, dua, atau lebih sesuai kebutuhan,” katanya usai launching. Momentum HUT Ke-29 RS Ananda Purwokerto juga bersamaan peringatan hari Kontrasepsi Sedunia. Kerjasama dengan Pemkab Banyumas dan BKKBN Prov Jateng mengadakan KB Massal. Dilaksanakan juga bakti sosial, hingga aneka lomba untuk memeriahkan acara. (*)

Tags :
Kategori :

Terkait