RADARBANYUMAS.CO.ID - Berbeda dengan kendaraan bermesin manual yang hanya memerlukan oli mesin, pada motor matic terdapat oli gardan yang wajib diganti secara teratur.
Interval penggantiannya memang lebih panjang dibandingkan dengan oli mesin.
Inilah yang sering membuat pemilik kendaraan lupa atau terlambat dalam melakukan penggantian. Setidaknya ada 4 tanda yang menunjukkan bahwa oli pada bagian transmisi ini sudah seharusnya diganti.
Tanda yang Menunjukan Oli Gardan Motor Matic Sudah Habis
Berikut di bawah ini adalah beberapa tanda yang menunjukan bahwa oli gardan pada sepeda motor matic sudah habis yang harus Anda sebagai pengendara perhatikan:
1. Suara Bising
Terdapat suara bising yang cukup mengganggu yang berasal dari area box CVT sepeda motor matic. Lokasi box CVT ini sendiri terletak di gardan atau roda belakang sepeda motor matic.
BACA JUGA:Tarikan Motor Matic Terasa Berat? Begini Solusi yang Perlu Diterapkan
BACA JUGA:Simulasi Kredit Motor Matic Yamaha Gear S dengan DP Rp2 Juta, Tenor Panjang Sampai 3 Tahun
Suara yang dihasilkan terdengar seperti berdecit atau berderit, bahkan ada yang sangat keras hingga muncul suara “kletek-kletek” saat motor digunakan.
Adanya suara bising ini disebabkan karena fungsi oli gardan sebagai penggerak transmisi otomatis sudah tidak kental lagi atau mulai tampak encer.
Ketika daya lumas oli gardan berkurang, gesekan antara komponen transmisi di dalam box gardan tidak terlumasi dengan baik. Gesekan di antara komponen gear inilah yang pada akhirnya menimbulkan suara bising.
Ditambah dengan adanya kotoran yang berasal dari logam yang telah bercampur dengan oli. Kondisi tersebut pada komponen gardan motor matic mengakibatkan permukaan logam menjadi lebih cepat aus.
BACA JUGA:Daftar Promo Motor Matic Honda Spesial Akhir Tahun, Dapat Diskon hingga Rp2 Juta
BACA JUGA:Rekomendasi Motor Matic Suzuki yang Cocok untuk Anak Muda, Gaya Tanpa Batas!