Kelas XI Vokasi MAN 2 Banyumas Kunjungi Dunia Usaha dan Industri di Yogya-Solo

Kamis 10-10-2024,19:39 WIB
Reporter : Yudha Iman Primadi
Editor : Ali Ibrahim

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Kelas XI vokasi MAN 2 Banyumas melaksanakan kegiatan kunjungan industri tahun pelajaran 2024/2025 ke beberapa perusahaan yang bergerak dibidang Dunia Usaha dan Dunia Industri (Du-Di) di wilayah Yogya-Solo pada Selasa (8/10).

Kepala MAN 2 Banyumas, H. Muhamad Siswanto, M.Pd.I melalui Wakil Kepala Madrasah Bidang Akademik, M. Irfangi, M.Pd. saat mengunjungi Roti Ganep’s Solo mengatakan setidaknya ada lima poin penting tujuan kunjungan industri kelas XI vokasi. Pertama meningkatkan mutu dan relevansi pendidikan program vocasional life skill melalui peran serta industri pasangan (DU/DI). Kedua menghasilkan tamatan yang memiliki pengetahuan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan pekerjaan.

Ketiga peserta didik dapat melihat dan mengamati secara langsung aktivitas yang dilakukan sesuai dengan profesi bidang keahlian masing-masing. Keempat peserta didik dapat mengambil pelajaran berharga dari pengalaman kunjungan industri sehingga memacu dan membangkitkan semangat berprestasi setinggi-tingginya guna meraih sukses dalam hidupnya dan terakhir peserta didik dapat melihat dan merasakan langsung atmofir di dunia kerja untuk meningkatkan kemampuan kompetensi sesuai dengan profesinya.

"Di luar kelima poin itu, anak juga perlu berlatih dan membiasakan hidup dengan bekal kemampuan attitude (sikap, tingkah laku, disiplin yang tinggi) yang wajib dimiliki oleh setiap peserta didik di MAN 2 Banyumas," katanya.

BACA JUGA:PIB LPPM Unsoed Dampingi Peningkatan Kapasitas Startup dalam Demo Day

Koordinator Bidang Vokasi MAN 2 Banyumas, Toto Prasetyo menjelaskan kunjungan industri diikuti oleh 212 siswa kelas XI Vokasi yang terdari dari delapan bidang keahlian yaitu tata rambut dan tata kecantikan, tata boga, tata busana, TITL, TKJ, DIDF, TPTU dan AKL. Adapun industri-industri yang dikunjingi yaitu PT BEI Solo, PT Sri Rejeki Isman Tbk (Sritex), Solo Technopark, PT Surya Tekno Mandiri, PT Esye Naturel Kosmetindo dan Roti Ganep’s.

"Kunjungan industri berjalan dengan baik dan lancar. Selain kegiatan kunjungan, kami juga transit di beberapa tempat religi dan wisata seperti Masjid Raya Syeikh Sayyed Solo dan Malioboro di Yogyakarta," ungkapnya.

Sementara itu dalam sambutannya saat kunjungan industri di perusahaan tekstil terbesar di Asia Tenggara, PT Sritex Sukoharjo, Kepala MAN 2 Banyumas H. Muhamad Siswanto, M.Pd.I. menekankan kunjungan industri adalah program pembelajaran kolaboratif secara offline dengan DU/DI yang bersifat wajib bagi peserta didik vokasi. Dalam kegiatan tersebut anak dikenalkan dengan banyak macam dunia kerja sebagai wujud implementasi antara teori dengan praktik. Lebih dari itu diperoleh wawasan dalam dunia usaha dan industri sebagai persiapan ketika telah lulus dari madrasah sesuai tagline MAN 2 Banyumas yakni "Siap Kuliah Siap Kerja".

"Tidak lupa kami melaksanakan MoU tempat magang kerja dan MoU perekrutan tenaga kerja bagi alumni MAN 2 Banyumas," katanya.

BACA JUGA:Bawakan Lakon Srikandi Kridha, Yudistira Bagus Pramono Juara Lomba Dhalang Anak 2024

HRD PT Sritex, Feri mengingatkan kepada semua peserta didik kelas XI vokasi MAN 2 Banyumas bahwa keberhasilan karyawan dalam bekerja sebesar 70 persen karakter positif dan baru 30 persennya ilmu pengetahuan. (yda/ads)

Tags :
Kategori :

Terkait