Perbedaan Tune Up dengan Service yang Harus Pengguna Motor Matic Pahami

Minggu 29-09-2024,18:33 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

Ingatlah untuk memeriksa level minyak rem, oli gandar, dan roller pada sepeda motor matic Anda.

3. Sektor Transmisi

Pada area atau sektor ini wajib dilakukan pengecekan tegangan aki dan tegangan pengisian mesin motor matic. Anda juga harus memeriksa sirkuit pengapian, lampu, dan klakson sepeda motor matic Anda.

Di sisi lain, waktu yang tepat untuk tune up sepeda motor matic tidak dapat ditentukan secara sembarangan. Sebab, ada waktu yang tepat agar tune up sepeda motor matic ini bisa memberikan efek maksimal.

BACA JUGA:8 Manfaat Tune Up Engine untuk Motor Matic, Investasi Jangka Panjang

BACA JUGA:Mengenal 6 Manfaat Tune Up Motor Matic, Mesin Jadi Lebih Gacor!

Sebaiknya lakukan tune up motor matic setiap tiga bulan sekali atau setiap kali sepeda motor matic mencapai jarak 2.000 km. Interval ini berlaku bagi mereka yang sering menggunakan sepeda motor matic di jalan berdebu.

Jika Anda mengendarai sepeda motor matic dengan cepat dan sering di area berdebu, Anda dapat meningkatkan kecepatan dengan interval 3.000 hingga 4.000 km. Selain itu, jarak tempuh bukanlah satu-satunya hal yang penting. 

Jika mesin motor matic Anda mengalami masalah, segera lakukan tune up motor matic Anda. Misalnya tenaga mesin berkurang atau putaran mesin berkurang, maka konsumsi bahan bakar terbuang dan asap juga dihasilkan.

Tune up sangat bermanfaat bagi bikers dan rider sepeda motor matic. Pasalnya, pengemudi dan sepeda motor matic biasanya merasa lebih bertenaga setelah penyetelan.

Selain itu, keunggulan tune up memastikan mesin sepeda motor matic selalu dalam kondisi baik.

Penyetelan mencegah kerusakan lebih lanjut pada sepeda motor matic dan membuat pengguna merasa lebih nyaman saat berkendara.

Jika sudah tiba waktunya untuk melakukan tune up, pastikan untuk melakukan pemeriksaan dan perawatan sepeda motor matic secara berkala di bengkel resmi.

Hal tersebut berguna untuk memastikan seluruh fitur dan komponen sepeda motor berfungsi maksimal.

Itulah penjelasan mengenai tune up motor matic yang berbeda dengan service motor matic, dan harus rutin Anda lakukan. (fah)

Kategori :