700 Personil Gabungan Laksanakan Apel Kesiapan Pengamanan Pilkada 2024 di Kabupaten Cilacap

Jumat 23-08-2024,18:16 WIB
Reporter : Julius Purnomo
Editor : Susi Dwi Apriani

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Jajaran Polresta Cilacap melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Mantap Praja Candi 2024, sebagai upaya pengamanan dalam rangka Pilkada 2024 di wilayah Kabupaten Cilacap.

Apel tersebut diikuti oleh Forkopimda Kabupaten Cilacap, jajaran TNI, Polri serta instansi terkait di Alun Alun Kabupaten Cilacap, Jumat (23/8/2024).

Pj Bupati Cilacap Mohammad Arief Irwanto dalam amanatnya menyampaikan, kegiatan ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarpras untuk menghadapi Pilkada 2024.

"Pilkada 2024 merupakan pesta demokrasi besar di Kabupaten Cilacap yang akan menjadi bukti kematangan demokrasi masyarakat Cilacap, sekaligus menjadi titik penentuan masa depan Kabupaten Cilacap," katanya.

BACA JUGA:Mengurus Perijinan Berusaha di Kabupaten Cilacap Bisa Dilakukan di Kantor Kecamatan

BACA JUGA:Bawaslu Cilacap Keluarkan Surat Himbauan Netralitas ASN dalam Pilkada 2024

Menurutnya, operasi tersebut akan dilaksanakan mulai tanggal 27 Agustus 2024 sampai tahap pelantikan Kepala Daerah, dengan melibatkan personil pengamanan dari Satgas Polresta Cilacap sebanyak 700 personil.

"Selain itu Satgas dari Polresta akan di dukung oleh kekuatan BKO dari TNI dan Brimob untuk mengamankan seluruh tahapan Pilkada," tandasnya.

Pj Bupati menegaskan, berdasarkan Indeks Kerawanan Pilkada, Polresta Cilacap menerapkan pola pengamanan TPS terbagi menjadi tiga kategori yaitu TPS rawan sebanyak 3.043 TPS, TPS sangat rawan nol TPS, dan TPS khusus 12 TPS.

"Sehingga saya tekankan bagi wialyah yang mempunyai daerah dengan kategori TPS khusus, segera lakukan antisipasi. Sedangkan bagi wilayah lainnya agar tetap mempersiapkan pengamanan sebaik mungkin," pungkasnya. (jul)

Kategori :