50 Anggota DPRD Banyumas Periode 2024-2029 Dilantik di Gedung Baru

Selasa 20-08-2024,18:12 WIB
Reporter : Dimas Prabowo
Editor : Ali Ibrahim

PURWOKERTO,RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - 50 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banyumas periode 2024-2029 secara resmi dilantik di dalam Gedung yang DPRD baru, Jalan Bung Karno, Kompleks Menara Teratai, Purwokerto, Selasa (20/8/2024). 

Pelantikan ini dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Purwokerto dan menjadi momentum penting bagi para wakil rakyat dari hasil Pemilihan Umum Legislatif 2024 untuk memulai tugasnya.

Dalam pelantikan ini, PDI-P (Partai Demokrasi Perjuangan Perjuangan) kembali menunjukan dominasinya dengan meraih 17 kursi, menjadikannya partai dengan perolehan kursi terbanyak di DPRD Banyumas. Disusul, PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) dengan Sembilan kursi, meningkat dari hasil pemilu sebelumnya. 

BACA JUGA:Wilayah yang Mengalami Kekeringan di Cilacap Semakin Meluas, 17 Ribu Jiwa Kesulitan Air Bersih

Gerindra di peringkat ketiga dengan perolehan Tujuh kursi dan PKS juga berhasil menambah perolehan kursinya, menjadi Enam kursi, bertambah Dua kursi pada periode sebelumnya. Sementara, Golkar mengalami penurunan dengan hanya memperoleh Lima kursi.

Partai lain yang turut mendapatkan kursi di DPRD Banyumas adalah PAN dan Demokrat yang masing-masing memperoleh Dua kursi, serta PPP dan Nasdem yang masing-masing mendapatkan Satu kursi. 

Perolehan kursi PDI-P yang dominan, menjadikan Subagyo dari PDIP ditetapkan sebagai pimpinan Dewan sementara, dengan Wakilnya Ahmad Darisun dari PKB. Subagyo, dalam sambutannya, menyampaikan bahwa langkah berikutnya setelah pelantikan adalah pembentukan fraksi-fraksi di DPRD Banyumas. 

BACA JUGA:Serapan Pupuk Subsidi di Banjarnegara Masih Jauh dari Target

Berdasarkan komposisi yang ada, kemungkinan besar akan terbentuk enam fraksi, di antaranya PDIP, PKB, Gerindra, PKS, Golkar, dan satu fraksi gabungan. 

"Kita akan melihat bagaimana kesepakatan dari masing-masing partai, apakah mereka akan bergabung dalam fraksi yang ada atau membentuk fraksi baru," ujarnya.

Gedung baru DPRD Banyumas yang menjadi tempat pelantikan ini, merupakan proyek pembangunan yang dimulai pada tahun 2021. Dengan total anggaran sebesar Rp 76,3 miliar dari APBD Banyumas. 

BACA JUGA:Krisis Air Bersih, Warga Banjarnegara Terpaksa Naik Turun Bukit Untuk Mencari Mata Air

Gedung ini dibangun untuk menggantikan gedung lama yang dinilai sudah tidak layak, baik dari segi kapasitas maupun usia bangunan. (dms)

 

Berikut adalah daftar lengkap 50 anggota DPRD Banyumas terpilih periode 2024-2029:

Tags :
Kategori :

Terkait