Rektor UMP Bersama Menteri Luar Negeri Sabet Penghargaan di CNN Indonesia Awards 2024

Kamis 15-08-2024,06:53 WIB
Reporter : Tegar Roli
Editor : Ali Ibrahim

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Assoc Prof Dr Jebul Suroso, menerima penghargaan bergengsi "Outstanding Contribution to Educational Development" pada ajang CNN Indonesia Awards yang kelima. Selain Rektor UMP, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi juga dianugerahi penghargaan khusus di kategori Outstanding Leadership in Foreign Diplomacy.

Penghargaan ini diberikan sebagai pengakuan atas kontribusi luar biasa Rektor Assoc Prof Dr Jebul Suroso dalam memajukan pendidikan di Indonesia. Sementara itu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dianugerahi penghargaan agen perubahan di bidang kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan dari UN Women dan Partnership Global Forum (PGF) pada 2017

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Direktur Transmedia, Latif Harnoko, kepada Rektor Jebul Suroso dalam acara puncak yang berlangsung meriah di Padma Hotel Semarang, Jawa Tengah, pada Rabu (14/8) malam.

Di bawah kepemimpinan Rektor Assoc Prof Dr Jebul Suroso yang visioner, UMP berhasil menunjukkan ketangguhan dan inovasi selama masa pandemi. Tidak hanya mampu bertahan, UMP juga berkembang menjadi pusat dukungan bagi UMKM, membantu usaha kecil dengan omzet mencapai miliaran rupiah.

"Penghargaan ini adalah bukti dari kerja keras dan dedikasi seluruh sivitas akademika UMP dalam menghadirkan pendidikan yang berkualitas serta inovasi-inovasi yang berdampak positif bagi masyarakat. Kami berkomitmen untuk terus melangkah maju, memberikan yang terbaik bagi pendidikan di Indonesia, dan mendukung pembangunan yang berkelanjutan," ujar Rektor Assoc Prof Dr Jebul Suroso saat menerima penghargaan tersebut.

Selain itu, UMP juga aktif terlibat dalam gerakan Sustainable Development Goals (SDGs), menunjukkan komitmen yang kuat terhadap pendidikan ekonomi dan keberlanjutan lingkungan. Kepemimpinan Jebul Suroso telah membawa UMP ke arah kemajuan yang signifikan, memberikan dampak positif yang dirasakan tidak hanya di lingkungan kampus tetapi juga di masyarakat luas.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi Retno mengatakan bahwa menjadi kehormatan untuk hadir menerima penghargaan di kota Semarang, yang merupakan kota kelahirannya.

"Sampai lulus SMA, saya berada di Semarang," ujar Retno saat menerima penghargaan.

Ia pun mengingatkan bahwa kondisi dunia saat ini pun masih belum baik-baik saja, setelah pandemi Covid mereda, mengingat banyaknya konflik di berbagai negara.

"Pertanyaannya apakah diplomasi Indonesia pasif melihat dunia yang sedang tidak baik-baik saja? Jawabnya tidak," kata Retno. "Dalam 10 tahun terakhir ini kita terus aktif dalam berbagai isu di dunia," jelasnya.

CNN Indonesia Awards merupakan ajang penghargaan yang diberikan kepada Mentri, Pemkot/Pemkab, BUMD, hingga pihak swasta yang berhasil menciptakan program dan inovasi terbaik. Tahun ini, CNN Indonesia Awards mengangkat tema "Dari Jawa Tengah Menuju Indonesia Gemilang," dan acara tersebut dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Chairman sekaligus Pendiri CT Corp, Chairul Tanjung, Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, Jaksa Agung RI ST Burhanuddin, serta beberapa pejabat lainnya. (tgr)

Kategori :