Trik untuk yang Masih Takut Mengendarai Motor Matic Lewat Jalan Menanjak

Jumat 16-08-2024,14:11 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Tidak hanya saat banyak orang membunyikan klakson di jalan, tetapi kemiringannya jalan alias jalan yang menanjak juga tak jarang membuat Anda gugup dan berkeringat saat mengendarai sepeda motor matic.

Apalagi bagi para pemula yang baru mulai belajar mengendarai sepeda motor matic. Sebenarnya kalian tidak perlu terlali panikgais!

Ternyata, ada beberapa trik yang bisa kita lakukan saat mengendarai sepeda motor matic melewati jalan yang menanjak. Hal ini terutama berlaku bagi mereka yang mengendarai sepeda motor matic sebagai pemula atau baru sebentar.

Apabila medan yang ingin dilalui sudah diketahui sebelumnya, seperti kalau jalan tanjakannya panjang, tidak apa-apa untuk memperbaiki motor matic dulu ke bengkel demi kebaikan semua orang. Mintalah teknisi memeriksa kondisi V-belt motor matic Anda.

Trik Berkendara Menanjak dengan Motor Matic

Setelah persiapan matang, termasuk memeriksa kondisi sepeda motor matic Anda di bengkel, ada beberapa langkah yang harus Anda ikuti dan lakukan sebelum melewati tanjakan menggunakan sepeda motor matic.

1. Ambil sikap

Jika anda sudah mengetahui medan yang akan dilalui, anda dapat mengambil sikap sebelum mencapai lereng. Hal ini memungkinkan Anda mempertahankan kecepatan lebih tinggi dan mendaki lebih keras saat mendekati lereng.

2. Tahan pedal gas

Tips selanjutnya adalah memegang pedal gas sepeda motor matic dengan kuat saat menanjak yaitu jangan membuka pedal gas sepenuhnya. Caranya bisa dengan membuka gas secara perlahan.

BACA JUGA:Harus Tau! Komponen Kelistrikan Motor Matic beserta Fungsinya, Jaga Performa dan Kenyamanan Berkendara

BACA JUGA:Waspadai! Tanda-tanda Komstir Motor Matic Harus Diganti, Menjaga Keselamatan dan Kenyamanan Berkendara

 

Dengan cara ini torsi mesin sepeda motor matic dapat dioptimalkan. Masalahnya, performa V-belt pada sepeda motor matic tidak sama dengan performa transmisi pada sepeda motor kopling.

3. Gunakan rem belakang

Kategori :