Pentingnya Menggunakan Minyak Rem yang Sesuai dengan Spesifikasi Motor Matic

Selasa 13-08-2024,10:09 WIB
Reporter : Dhani Dwi
Editor : Susi Dwi Apriani

Sementara DOT 5.1 memiliki titik didih yang lebih tinggi daripada DOT 4 dan dapat digunakan pada sistem pengereman yang lebih berat.

Cara Memilih Minyak Rem yang Tepat

- Periksa Buku Panduan Kendaraan

Langkah pertama dalam memilih minyak rem yang tepat adalah memeriksa buku panduan kendaraan kalian. Buku panduan biasanya mencantumkan jenis dan spesifikasi minyak rem yang direkomendasikan oleh pabrikan. 

BACA JUGA:Update Harga Motor Matic Yamaha Fazio 2024, Apa yang Membuatnya Spesial?

BACA JUGA:Harga Motor Matic Yamaha Aerox 2024 Bikin Geleng-Geleng Kepala, Apa Kejutan Spesifikasinya?

Pastikan kalian mengikuti rekomendasi ini untuk menjaga kinerja sistem pengereman.

- Perhatikan Label dan Spesifikasi Produk

Ketika membeli minyak rem, perhatikan label dan spesifikasi produk yang tertera pada kemasan. Pilih minyak rem yang sesuai dengan spesifikasi DOT yang dianjurkan oleh pabrikan motor matic. 

Hindari menggunakan produk yang tidak mencantumkan spesifikasi yang jelas.

- Pertimbangkan Kualitas dan Merek Terpercaya

Pilihlah minyak rem dari merek yang terpercaya dan dikenal kualitasnya. Minyak rem berkualitas tinggi lebih mungkin untuk memenuhi spesifikasi yang diperlukan dan memberikan perlindungan yang baik untuk sistem pengereman.

- Jangan Campurkan Berbagai Jenis Minyak Rem

Hindari mencampurkan berbagai jenis minyak rem, terutama yang berbasis glycol dan silikon. Campuran yang tidak sesuai dapat mengakibatkan kerusakan pada sistem pengereman dan mengurangi efektivitasnya.

Perawatan dan Penggantian Minyak Rem

Minyak rem perlu diganti secara berkala sesuai dengan jadwal yang dianjurkan oleh pabrikan. Biasanya, penggantian minyak rem disarankan setiap 1 hingga 2 tahun. Selama perawatan rutin, pastikan untuk memeriksa level minyak rem dan menggantinya jika sudah berkurang atau terkontaminasi.

Kategori :