Kemahasiswaan dan Inkubator Bisnis Amikom Beri Pelatihan Administrasi Usaha ke Mahasiswa

Rabu 07-08-2024,15:45 WIB
Reporter : Yudha Iman Primadi
Editor : Ali Ibrahim

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Universitas Amikom Purwokerto tahun 2024 kembali meraih Hibah Mahasiswa Nasional yaitu Hibah Program Pembinaan Wirausaha Mahasiswa (P2MW).

Wakil Rektor Bidang Non Akademik Universitas Amikom Purwokerto, Rahman Rosyidi, M.Kom mengatakan dalam P2MW di perguruan tinggi berupa pembinaan, pendampingan serta pelatihan/coaching usaha dengan peserta dari mahasiswa, pihanya tidak hanya menghadirkan pemateri dari praktisi. Pemateri lainnya yang paham pada bidang administrasi usaha dari Dosen Universitas Amikom Purwokerto, Yusyida Munsa Idah, S.E., M.M turut memberi pelatihan. 

"P2MW berjalan dibawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) RI," katanya.

Warek menjelaskan P2MW diikuti oleh mahasiswa aktif jenjang sarjana dari banyak perguruan tinggi negeri dan swasta di lingkungan Kemdikbudristek RI. Hal ini melecut semangat mahasiswa dalam mengembangkan usahanya karena nyatanya Universitas Amikom Purwokerto mampu bersaing dengan banyak kampus lain di Indonesia.

"Bekerjasama dengan Pusat Inkubator Bisnis Universitas Amikom Purwokerto, kami pastikan Kemahasiswaan Universitas Amikom Purwokerto turut serta mendukung tumbuh kembangnya bisnis mahasiswa yang sedang berjalan," terang dia.

Adapun Universitas Amikom Purwokerto telah merancang berbagai kegiatan untuk mendorong berkembangnya bisnis mahasiswa Kampus Ungu. Kemahasiswaan bersama dengan Inkubator Bisnis Universitas Amikom Purwokerto telah menyiapkan berbagai kegiatan untuk mengembangkan bisnis mahasiswa di Kampus Ungu.

"Seperti pelatihan digital marketing, legalitas usaha dan design kemasan produk. Termasuk administrasi usaha," pungkas Warek.

Kepala Bagian Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Amikom Purwokerto, Prayoga Pribadi, S.E., M.Si menambahkan P2MW dirancang sepenuhnya berjalan dengan melibatkan para praktisi terkait sebagai narasumber dalam pelatihan. Harapannya pada tahun-tahun berikutnya, semakin banyak mahasiswa Universitas Amikom Purwokerto yang memperoleh hibah dan dapat mengembangkan usahanya.

"Hal tersebut menjadi implementasi salah satu visi dan misi Universitas Amikom Purwokerto yaitu Technopreuner," ungkapnya.

Dilanjutkannya pelatihan digital marketing dilangsungkan satu hari pada Senin (5/8) di aula Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Universitas Amikom Purwokerto dengan dua pemateri. Setelah pemateri praktisi dari CV Gumintang Berkah Rahayu, Andi Dwi Riyanto, pemateri berikutnya yang dihadirkan dari Dosen Universitas Amikom Purwokerto, Yusyida Munsa Idah, S.E., M.M. Sebagai akademisi, dosen sangat paham dibidang administrasi usaha. Adapun tujuan pelatihan tentunya meningkatkan pengetahuan mahasiswa khususnya sebagai penerima hibah P2MW tentang promosi, interaksi dan transaksi di internet.

"Total jumlah peserta pelatihan 58 mahasiswa," pungkas Yoga. (yda/ads)

Kategori :