Penyebab dan Cara Menghaluskan Suara Mesin Motor Matic Bising

Jumat 09-08-2024,05:31 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

BACA JUGA:Yuk Simak! Rekomendasi Motor Matic yang Enak Dibawa Menanjak di Daerah Pegunungan

 

Untuk mengurangi kebisingan mesin sepeda motor matic, hindari mengemudi terlalu cepat atau mempercepat kendaraan terutama pada saat sepeda motor matic dalam keadaan diam.

2. Roller

Penyebab suara mesin sepeda motor matic menjadi keras selanjutnya adalah karena rollernya kempes atau tidak sesuai bentuk aslinya. Gulungan biasanya berbentuk bulat, tetapi setelah dipecah, gulungan tersebut tidak dapat diubah lagi. 

Jika roller sepeda motor matic rusak, kebisingan abnormal tidak hanya akan bertambah parah, tetapi kinerja mesin juga akan menurun. Oleh karena itu, sangat penting juga untuk melakukan pekerjaan pemeliharaan rutin dan inspeksi.

3. Penggeser plastik menutupi rumah rol

Tidak hanya masalah pada roller yang menyebabkan kebisingan di area CVT, tetapi jika penggeser plastik menutupi roller, mata bor juga dapat aus.

BACA JUGA:Ini Spesifikasi Motor Matic Honda ADV 160, Harga Kompetitif

BACA JUGA:10 Daftar Motor Matic yang Memiliki Harga Murah Namun Berfitur Canggih

 

Jika tidak digunakan terlalu lama, suara abnormal pada sepeda motor matic dapat menjadi lebih keras, getaran dapat terjadi, atau pengoperasian pelat penutup rol menjadi tidak stabil.

4. V-belt

Kondisi selanjutnya adalah V-belt sepeda motor matic yang sudah aus. Ketika V-belt sepeda motor matic sudh habis, akan timbul suara tidak normal dari CVT sepeda motor matic Anda. 

Rantai sepeda motor matic pun tampak longgar. Alhasil, cover CVT dan crankcase kerap bergesekan dengan sabuk sepeda motor matic.

BACA JUGA:Terjangkau! 7 Motor Matic Murah yang Cocok untuk Anak Muda

Kategori :