Apa Benar Pulley Custom Bisa Membuat Tarikan Motor Matic Menjadi Lebih Kencang? Ini Jawabannya

Senin 05-08-2024,11:32 WIB
Reporter : Dhani Dwi
Editor : Susi Dwi Apriani

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID- Motor matic telah menjadi pilihan populer. Salah satu fitur penting dari motor matic adalah sistem transmisi otomatis, yang menggunakan komponen seperti pulley untuk mengatur perpindahan gigi secara otomatis. 

Namun, bagi sebagian pengendara, performa standar mungkin dirasa kurang memuaskan, terutama dalam hal tarikan awal atau akselerasi. 

Hal ini mendorong banyak orang untuk mencoba berbagai modifikasi, termasuk mengganti pulley motor matic dengan yang custom. 

Lantas, apakah benar pulley motor matic custom bisa membuat tarikan lebih kencang? Artikel ini akan membahas hal tersebut secara mendalam.

BACA JUGA:Super Aman! 7 Fitur Keamanan yang Ada pada Motor Matic Honda PCX

BACA JUGA:Perhatikan! Penyebab Kerusakan pada Motor Matic Akibat Jarang Dipakai

Apa Itu Pulley Motor Matic?

Sebelum membahas modifikasi, penting untuk memahami terlebih dahulu apa itu pulley pada motor matic. 

Pulley pada motor matic adalah komponen utama dalam sistem transmisi variabel otomatis (CVT—Continuously Variable Transmission). 

Sistem ini menggunakan dua pulley utama, yaitu pulley variator di bagian depan dan pulley ganda di bagian belakang, yang bekerja sama dengan sabuk CVT (belt) untuk mengatur rasio transmisi.

Pulley variator berfungsi untuk mengubah diameter dengan menggeser plat dalam pulley, sehingga mengatur rasio transmisi yang diperlukan. 

Pulley ini berperan dalam mengatur kecepatan mesin dan kecepatan roda secara otomatis. Di sisi lain, pulley ganda (atau pulley belt) berfungsi untuk meneruskan tenaga dari pulley variator ke roda belakang.

Apa Itu Pulley Custom?

Pulley custom adalah pulley yang telah dimodifikasi atau diproduksi dengan spesifikasi berbeda dari pulley standar pabrik. 

Kategori :