Manakah V-Belt yang Lebih Baik Untuk Motor Matic ? Simak Perbandingan V-Belt Aftermarket vs Oem

Jumat 02-08-2024,05:11 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Saat ini motor matic memang sudah semakin popular dimana-dimana, termasuk di Indonesia. Tak heran jika produsen motor matic berlomba-lomba mengembangkan produknya. 

Sepeda motor matic masih menjadi mainstream tidak hanya di perkotaan namun juga di perbukitan. Kepraktisan yang ditawarkan sepeda motor matic memang sangat menarik minat calon konsumen. 

CVT atau Continuously Variable Transmision merupakan salah satu bagian yang sangat penting bagi sepeda motor matic. CVT tersebut berisi bagian V-belt di dalamnya. 

Bisa dikatakan fungsinya mirip dengan rantai pada sepeda motor pada motor konvensional. Namun V-belt tersebut terbuat dari karet yang diolah menjadi bentuk sabuk.

BACA JUGA:Pakai Suspensi Tabung dan Koneksi Hp? Inilah Tampilan Motor Matic Honda New PCX 2025 Facelift

BACA JUGA:5 Rekomendasi Motor Matic yang Punya Desain Retro yang Klasik yang Cocok untuk Anak Skena

Performa V-belt yang buruk biasanya menyebabkan suara bising yang tidak normal pada CVT sepeda motor matic. Jika gejala tersebut terjadi maka V-belt perlu diganti. 

Ada berbagai macam V-belt untuk sepeda motor matic yang beredar di pasaran. V-belt sepeda motor matic dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu V-belt aftermarket dan V-belt oem.

Perbandingan Kualitas V-belt Aftermarket dan OEM

Kualitas V-belt asli sudah tidak perlu diragukan lagi. Yang dijual dipasaran pasti sama dengan yang terpasang di sepeda motor matic Anda.

BACA JUGA:Yuk Simak! Langkah-langkah Memasang Biled Matrix Ayoto Pada Motor Matic Honda Vario

BACA JUGA:Walau Second Tapi Tetap Menarik ! Inilah Spesifikasi dan Fitur Unggulan Motor Matic Yamaha Aerox

V-belt produk OEM dirancang dengan dimensi panjang dan lebar tertentu, dimana mereka biasanya terbuat dari karet kloropen (CR). V-belt OEM tersebut juga biasanya memiliki jangkauan hingga 20.000 km. 

Keuntungan beralih ke V-belt aftermarket sendiri adalah harga yang ditawarkan sangat bervariasi. Tergantung merk dan bahan yang digunakan.

Jika kembali ke prinsip "Ada harga, ada tampilan", maka ketika Anda membeli V-belt versi aftermarket dengan harga murah, jangan berharap kualitasnya sama apalagi melebihi produk OEM.

Kategori :